News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelatihan Kader Kesehatan Menuju Posbindu Mandiri Desa Dagen

Pelatihan Kader Kesehatan Menuju Posbindu Mandiri Desa Dagen

Pelatihan Kader Kesehatan Menuju Posbindu  Mandiri Desa Dagen 

    


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa

KARANGANYAR - Kegiatan pengabdian masyarakat “ Pelatihan  Kader Kesehatan Menuju Posbindu Mandiri“ di Kebayanan Dusun  Songgorunggi Desa  Dagen  Kecamatan  Jaten  Kabupaten   Karanganyar.Kegiatan  ini diikuti   15 Peserta  yaitu 4 dari kader kesehatan dari posyandu Lansia  dan  11  calon  kader kesehatan  dari remaja.  Kegiatan  pengabdian masyarakat  ini dilaksanakan  secara tim yang terdiri  dari Dosen dan mahasiswa dari  prodi  DIII Kebidanan dan S1 Gizi ITS  PKU Muhammadiyah  Surakarta.  


Kegiatan  Pengabdian   Masyarakat ini terlaksana sebagai salah satu wujud implementasi catur dharma  perguruan  tinggi. Tujuan  pelatihan Kader kesehatan  posbindu ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader kesehatan  dari posyandu lansia  dan posyandu remaja   yang nantinya  diharapkan mampu melakukan   penilaian  kesehatan umum, penilaian  status  gizi dan penyedian  makanan tambahan berbahan lokal  sehingga dapat mendukung  pelaksanan   pos pembinaan terpadu  penyakit tidak  menular (Posbindu  PTM) secara  mandiri. 


Kegiatan  pelatihan Kader kesehatan  posbindu ini dibuka  Kepala Dusun Songgorunggi  yaitu  Bapak Ismail Saleh, S.Pd.  Beliau menyampaikan   bahwasanya  posbindu adalah salah satu upaya  pembangunan  di Bidang kesehatan  yaitu mewujudkan  masyarakat sehat melalui  upaya  promotif dan preventif.


Selain itu kegiatan  pelatihan  kader  kesehatan ini diharapkan mampu  menumbuhkan  jiwa sosial  kemasyarakatan di bidang kesehatan khususnya bagi  kader kesehatan remaja . Untuk  itu kader kesehatan yang telah dilatih diharapkan mau berperan  serta aktif  untuk  pelaksanaan  posbindu khususnya diposbindu  remaja  yang dalam dekat ini  akan  di release pelaksanaannya  sedangkan untuk  posbindu  untuk lansia  sudah berlangsung secara  rutin setiap bulan. 


Materi   Pelatihan  Kader Kesehatan Menuju Posbindu Mandiri ada  3 yaitu  1) Materi I : Konsep Dasar  Posbindu  dan  Pemeriksaan kesehatan disampaikan oleh Wijayanti, SST, M.Kes. 2) Materi  II : Penilain  status  gizi   disampaikan oleh Retno  Dewi Novianti, S.Gz, M.Si  3) Materi III : Pembuatan  makanan tambahan  berbahan  lokal berupa   Yogurt bunga Telang Dodik  Luthfianto, S.Pd, M.Si.


Teknik  dalam pelatihan ini  peserta  diberikan teori dan praktek secara  langsung  misal praktek mengukur tekanan darah, melakukan pemeriksaan  glukosa dan asam  urat, mengukur tinggi badan, mengukur BMI,  mengukur lemak tubuh  dan perut,  mengukur  body age, serta   skeletal muscle . selain itu  juga   membuat  Yogurt  Bunga  Telang. Yogurt diplih karena memiliki   kandungan probiotik  yang  dapat meningkatkan  keseimbangan penyerapan zat gizi dan jumlah mikroba dalam usus, pembuatannya cepat dan mudah. Bunga Telang dipilih karena  merupakan  salah satu  tanaman  hias  yang mudah didapat,  menghasilkan pewarna  makanan alami, memiliki kandungan tinggi  anti oksidan dan kaya manfaat lain

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.