News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Membangun UNS Berasaskan Kekeluargaan dan Kebersamaan

Membangun UNS Berasaskan Kekeluargaan dan Kebersamaan

 Membangun UNS Berasaskan Kekeluargaan dan Kebersamaan


Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.

Dosen PBSI FKIP UNS, Ketua Umum ADOBSI, & Pegiat LIterasi Arfuzh Ratulisa

Email: rohmadi_dbe@yahoo.com/Youtube: M Rohmadi Ratulisa


"Kawan, gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia meninggal akan meninggalkan nama baik dan harum"

Kawan, masih terngiang hangat aneka pemberitaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di media sosial yang membuat publik bertanya-tanya, “Ada apa dengan UNS? Jawabnya tidak ada apa-apa, semua itu riuh dan gegap gempita UNS dalam berita dengan segala nada dan iramanya sesuai dengan kesemestaaan yang memiliki keanekaragaman. Semua masalah dan berita sudah selesai menjadi cerita dan kenangan kemarin sejak  diperpanjangnya nahkoda UNS, Bapak Prof. Dr. Jamal Wiwoho, M.Hum. sebagai Rektor UNS sesuai dengan  Surak Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 23167/M/06/2023. Dengan turunnya SK tersebut menjadi dasar Bapak Rektor UNS untuk melanjutkan membangun UNS berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan. Semoga UNS semakin maju, jaya, unggul dan dapat menghasilkan sarjana, magister, doktor dalam berbagai bidang untuk mendukung kemajuan dan kejayaan NKRI secara berkelanjutan. 

UNS menjadi kampus tercinta dan dibanggakan oleh seluruh keluarga besar dan alumni UNS di penjuru dunia. Oleh karena itu, UNS sebagai rumah besar harus selalau dirawat, dijaga, dan dikembangkan semaksimal mungkin dengan segala keahlian dan keanekaragaman budaya yang dimiliki sebagi pusat pengkajian dan pengembangan ipteks dan seni yang berbasis nilai-nilai luhur budaya nasional. Kampus UNS yang memilki tata kelola, mahasiswa, sumber daya manusia (sdm) dosen dan tendik, saran dan prasaran, pengajaran, penelitian, pengabdian, dan luaran tri dharma perguruan tinggi, dan kemitraan dalam serta luar negeri harus dapat menujukkan peran sebagai pusat pengkajian dan pengembangan keilmuan secara teoritik dan praktiknya. Berbagai kompetensi hardskill dan sofskill yang dimiliki dosen untuk menggerakan roda pemerintahan di UNS yang memiliki 182 program studi vokasi, sarjana, magister, dan doktor dengan peringkat akreditasi S-1 A/unggul: 82,86%, S-2 A/unggul: 57,78%, S-3 A/unggul:33,33%,  Spesialis A/unggul:92,86%, dan D3 A/unggul: 40,91%. Kemudian akreditasi internasional berjumlah 22 sekitar 31,43%, yakni  akreditasi internasional dari ASIIN, FIBAA, AQAS, IABEE. Semua keunggulan peringkat akreditasi UNS ini menjadi pembeda UNS sebagai PTNBH di tingkat nasional dan internasional.

Perjuangan dan upaya untuk meletakkan dasar pembangunan UNS sejak 11 Maret tahun 1976 s.d.  11 April 2023 yang diawali dengan Universitas Gabungan Surakarta (UGS ) yang terdiri atas gabungan IKIP Surakarta dan Sekolah Guru Olahraga (SGO) waktu itu harus benar-benar dijaga dan dirawat berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan. Menjaga dan mempertahankan keunggulan UNS lebih berat daripada meraihnya. Oleh karena itu, semangat kekeluargaan dan kebersamaan untuk mewujudkan supertim bukan superman harus selalau menjadi landasan filosofis untuk menjaga nama baik dan nama besar UNS. Kampus UNS tercinta milik kita bersama sehingga sudah menjadi kewajiban bersama untuk menjaga marwah dan handarbeni untuk memiliki UNS tercinta. Marilah kita satukan visi, misi, tujuan, dan stratgei untuk merawat, menjaga, dan membangun UNS berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan demi kemajuan dan kejayaan UNS tercinta. Momentum bulan Ramadhan, pada tanggal 11 April 2023 ini sebagai momentum sejarah untuk kita bersama menyatukan tangan, bergandengan untuk mewujudkan UNS unggul, jaya, bermanfaat, maslahat untuk umat, dan berkah untuk keluarga besar UNS di mana pun berada.

Keunggulan dan kekurangan UNS tentu menjadi evaluasi kita bersama untuk melakukan perbaikan dan menemukan berbagai solusi kreatif. Keterlibatan semua pihak, mahasiswa, tendik, dosen, alumni, pengguna, dan semua unsur organ pemerintahan daerah dan pusat menjadi sumber kekuatan UNS untuk dapat mewujudkan mimpi dan cita-citanya sebagai kampus berkelas dunia. Oleh karena itu diperlukan  diskusi kekeluargaan dan kebersamaan untuk saling melengkapi, mengembangkan, mengevaluasi, dan melakukan perbaikan pada semua aspek demi keberlanjutan dan keunggulan kampus UNS tercinta. UNS merupakan simbol keilmuan, kecendikiawanan, kebahagiaan, kesejahteraan, dan  karakter bangsa yang digaungkan sebagai kampus Benteng Pancasila. Dengan demikian seluruh keluarga besar UNS harus dapat menjadi contoh dan teladan untuk multigenerasi NKRI untuk dapat berpartisipasi  membangun Indonesia dalam berbagai bidang yang memiliki keunikan dan karakter menuju 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 dengan lahirnya generasi emas Indonesia yang cerdas, berkarakter, unggul, kreatif, inovatif, produktif, dan inspiratif dari kampus UNS tercinta.

Keberadaan UNS harus menjadi rujukan dan pusat literasi dunia dengan Ratulisa (rajin menulis dan membaca) untuk multigenerasi NKRI. Dengan fasilitas perpustkaan UNS yang memiliki 7 lantai dan aneka sumber literasi cetak dan digital tentu akan dapat menjadi pusat sumber rujukan penelitian, pengabdian, dan publikasi pada level nasional dan internasional. Marilah kita satupadukan mimpi dan cita-cita kita bersama untuk membangun UNS berasaskan kekeluargan dan kebersamaan menuju UNS yang sejuk, damai, bahagia, sejahtera, maslahat, dan berkah utnuk seluruh keluarga besar UNS, alumni, pengguna, mitra, dan  masayarakat Indonesia. Dengan demikian, UNS akan terus ikut menyinari dunia, seperti bintang, bulan, dan matahari yang selalau menyinari bumi sepanjang hari, baik tampak maupun tidak tampak oleh manusia. Selamat bekerja dan berkarya untuk para pemimpin-pemimpin kami di UNS tercinta, semoga selalu diridhoi, diberikan kekuatan, kelancaran, dan kesuksesan dan keberkahan sepanjang masa untuk kampus UNS tercinta.

“Kawan, senandung rindu akan terus menyelimuti semseta saat senja menampakkan pelanginya yang indah memesona untuk cerita  kepada bintang dan rembulan dini hari”

Beranda Istana Arfuzh Ratulisa, 11 April 2023

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.