News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FAKULTAS PERTANIAN UNS SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL DAN LAUNCHING LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PENDIDIKAN TINGGI ILMU PERTANIAN (LAM - PTIP)

FAKULTAS PERTANIAN UNS SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL DAN LAUNCHING LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PENDIDIKAN TINGGI ILMU PERTANIAN (LAM - PTIP)

 FAKULTAS PERTANIAN UNS SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL DAN LAUNCHING LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PENDIDIKAN TINGGI ILMU PERTANIAN (LAM - PTIP)


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com - ft : Istimewa)

Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan Seminar Nasional dan Launching Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Ilmu Pertanian (LAM PTIP) dengan tema “Optimalisasi Pertanian Modern Berkelanjutan untuk Mendukung Indonesia Emas 2045” pada 4-5 Juni 2024 di The Sunan Hotel Surakarta. Seminar Nasional ini merupakan rangkaian agenda Dies Natalis ke-48 UNS. Kegiatan ini mempunyai tujuan sebagai berikut: (a) sarana untuk mendiseminasikan hasil riset dan pemikiran dosen dan peneliti khususnya dalam bidang rumpun ilmu pertanian; (b) sarana pengembangan diri dan jejaring bagi dosen dan peneliti; (c) sarana sosialisasi Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Ilmu Pertanian (LAM PTIP).


Seminar Nasional diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si, IPM., ASEAN Eng. selaku Dekan Fakultas Pertanian UNS dan Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS memberi sambutan sekaligus membuka acara.

Keynote Speaker 1 disampaikan oleh Dr. Idha Widi Arsanti, S.P., M.P. selaku Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) dan Keynote Speaker 2 disampaikan oleh Prof. Dr. Rer. Nat. Imam Buchori, S.T. selaku Ketua Majelis Akreditasi BAN-PT. Selanjutnya dilaksanakan Launching Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Ilmu Pertanian (LAM PTIP) oleh Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng. selaku Ketua Dewan Eksekutif LAM PTIP didampingi oleh Keynote Speaker, pembicara, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., dan Prof. Dr. Ir. Suntoro. M.S.

Pembicara dalam Seminar Nasional ini diisi oleh berbagai disiplin ilmu (pertanian, peternakan, teknologi pertanian, dan kehutanan) yaitu Prof. Ir. Ahmad Muslim, M.Agr., Ph.D. selaku Sekjen Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia, Prof. Ir. Budi Guntoro, M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. selaku Sekjen Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Peternakan Indonesia, Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si. selaku Ketua Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Teknologi Pertanian, Prof. Dr. Ir. Naresworo Nugroho, M.S., IPU.selaku Sekjen Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Kehutanan, dan Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng.selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia. 


Tema dari materi pembicara adalah menyampaikan bagaimana peran masing-masing disiplin ilmu dalam mewujudkan kemandirian pertanian dan mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Di akhir sesi pembicara utama, dilaksanakan sesi presentasi paralel secara daring. Sebanyak 137 artikel dengan topik pertanian, peternakan, teknologi pertanian, dan kehutanan telah dipresentasikan oleh penulis dari berbagai kalangan seperti peneliti, akademisi, praktisi dan mahasiswa. Adapun publikasi dari mansuskrip yang telah dipresentasikan akan diterbitkan dalam e-Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS atau jurnal di lingkungan Fakultas Pertanian UNS.

Rapat Koordinasi Forum Komunikasi dilaksanakan di waktu terpisah yaitu Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia, Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Peternakan Indonesia, Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Teknologi Pertanian Indonesia, Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Kehutanan, Rapat Tim Penyusun Instrumen LAM PTIP, dan Rapat Asosiasi Bidang Keahlian seperti Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI).

Dr. Idha Widi Arsanti, S.P., M.P. menyampaikan mengenai Kebijakan Pembangunan Pertanian dan Prospek Swasembada Pangan berbasis Pertanian Modern. Kementan menyusun program utama pada tahun 2025 yaitu melaksanakan Program Ketersediaan, Akses dan Konsumsi Pangan Berkualitas, Program Nilai Tambah dan Daya Saing Industri, Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, dan Program Dukungan Manajemen dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dalam Iptek, Inovasi, dan Produktivitas Ekonomi serta Ketahanan Energi, Air, dan Kemandirian Pangan. Sedangkan Prof. Dr. Rer. Nat. Imam Buchori, S.T. menyampaikan mengenai perkembangan LAM dan pentingnya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Selanjutnya LAM PTIP akan dikembangkan untuk mendapat izin operasional dari Mendikbud.

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh berbagai kalangan dari akademisi, praktisi, dan umum dari seluruh Indonesia, diantaranya Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), PSDKU Universitas Brawijaya Kediri, Universitas Flores, Universitas Internasional Semen Indonesia, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Pattimura.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.