News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ASYIKNYA PUASA SEHAT SELAMA RAMADHAN

ASYIKNYA PUASA SEHAT SELAMA RAMADHAN

 

Opini : ASYIKNYA PUASA SEHAT SELAMA RAMADHAN

Penulis : Widiyono, S.Kep. Ners. M,Kep, Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Puasa ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu. Di Indonesia, puasa ramadhan dijalankan selama 14 jam selama 30 hari. Menjalankan ibadah puasa Ramadhan ternyata memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, tentunya jika dilakukan secara benar. Lantas bagaimana melakukan puasa yang sehat selama Ramadhan? Berikut “Tips Puasa Sehat” yang harus diamalkan agar puasa yang dilakukan berdampak pada kesehatan tubuh kita.

1. Wajib Makan Sahur

Tidak melewatkan makan sahur merupakan tips yang pertama. Makanan yang dianjurkan ketika sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan juga serat yang tinggi seperti halnya beras merah, gandum, sayuran dan buah-buahan. Konsumsilah buah dan makanan yang mengandung banyak kuah dan air agar benar-benar terserap ke dalam sel, sehingga badan tidak mudah lemas. Selain itu pastikan mengonsumsi cukup air putih agar dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium atau garam tinggi atau makanan yang diawetkan karena justru akan menimbulkan rasa haus sepanjang puasa. Ketika kita sahur, maka tubuh akan mendapatkan tabungan nutrisi untuk digunakan selama menjalankan puasa. Sahur sebaiknya dilakukan di akhir waktu.

2. Wajib tidak begadang

Manusia pada umumnya membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-9 jam. Supaya kebutuhan tidur terpenuhi, maka tidurlah setelah sholat tarawih. Dengan begitu, sahur pun menjadi semangat dan berisi. Rasulullah terbiasa tidur setelah isya. Di antara hikmah tidur setelah isya adalah agar bisa menghidupkan malam dengan beribadah di sepertiga malam terakhir.

3. Menjaga kebersihan

Berdasarkan Hadist Riwayat Tirmizi Bahwa “Sesungguhnya Allah itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia maha bersih yang menyukai kebersihan, Dia maha mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” Islam adalah agama yang mengajarkan segala tuntunan hidup. Menjaga kebersihan adalah salah satu anjuran Rasulullah SAW. Termasuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat selama berpuasa dan menyiapkan makanan serta konsumsi makanan dan minuman yang halal dan higynies.

4. Mempertahankan pola makan yang benar

Menjaga pola makan merupakan cara hidup sehat ala Rasulullah SAW. Orang-orang yang menerapkan pola makan yang sehat cenderung akan memiliki tingkat imuni yang tinggi, sehingga dapat memperkecil penyebaran penyakit terutama di masa pandemi ini. Selama berpuasa tubuhpun tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam. Maka dari itu penting untuk penjaga asupan makanan di waktu sahur dan berbuka. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga akan memengaruhi imunitas daya tahan tubuh untuk mencegah penyakit.

5. Mengatur jadwal minum selama berpuasa

Agar batas minimal 8 gelas per hari terpenuhi, inilah jadwal minum selama puasa Ramadhan agar cairan benar diserap tubuh: Minum setelah bangun tidur, Minum sebelum makan sahur, Minum setelah makan sahur, Minum saat berbuka puasa, Minum sebelum makan saat berbuka puasa, Minum setelah makan, Minum setelah Isya atau Shalat Tarawih dan Minum 1 jam sebelum tidur.Perlu diperhatikan tidak disarankan untuk minum air berwarna semisal the, kopi dan minuman bersoda lainnya saat sahur karena dapat memicu buang air berlebihan setelah sahur.

6. Olahraga

Tips terakhir adalah tetap berolahraga di bulan ramadhan.  Olahraga di bulan Ramadhan bisa tetap dilakukan, hanya saja waktu dan durasi dalam berolahraga harus disesuaikan. Menurut pakar, berikut waktu-waktu yang bisa dijadikan anjuran kapan harus melakukan olahraga adalah setelah Sahur dan sebelum berbuka puasa. Olahraga setelah sahur dapat menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Lakukanlah olahraga yang ringan di waktu itu ini. Olahraga berat sangat tidak dianjurkan di waktu setelah sahur sebab tubuh bisa mengalami kekurangan cairan.Waktu yang paling baik berolahraga di saat puasa adalah sebelum berbuka puasa. Di waktu ini cukup aman melakukan olahraga dengan intensitas sedang, sebab setelah berolahraga bisa langsung berbuka untuk memenuhi cairan tubuh yang hilang.Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Jika tidak terbiasa berolahraga, hindari olahraga yang berat karena justru dapat menyebabkan cidera. Contoh olahraga yang bisa dilakukan adalah berlari dan bersepeda

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk rutin melakukan olahraga. Olahraga merupakan suatu bentuk ikhtiar menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar akan meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, terutama di masa-masa pandemi.. Bagi sebagian orang, berolahraga di waktu puasa adalah hal yang sulit karena olahraga akan menguras stamina dan menyebabkan haus. Padahal ketika berpuasa tubuh juga harus memiliki imun yang tinggi agar tidak mudah terpapar penyakit.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.