News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PROF Dr. Henri Subiakto, SH, MSi : Kehidupan Sosial Tergantung Pada Teknologi Komunikasi yan Digunakan.

PROF Dr. Henri Subiakto, SH, MSi : Kehidupan Sosial Tergantung Pada Teknologi Komunikasi yan Digunakan.

 

Kehidupan Sosial Tergantung Pada Teknologi Komunikasi yan Digunakan.

Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexa.IT.com) caption foto : eko Prasetyo

            SOLO – Prof Dr. Henri Subiakto, SH, M.Si menyatakan kehidupan social itu tergantung pada teknologi komunikasi yang digunakan. “People live depends on the communication technologies that are found. How people interact is determined by communication technology used,” ungkapnya saat menyampaikan orasi Dies Natalis XLII di Gedung Universitas Slamet Riyadi, Solo, Selasa (21/6).

            Menyitir pendapat Harold Adam Innis, Prof Hanri mengemukakan setiap telnologi komunikasi yang dominan yang digunakan masyarakat memiliki bias pengaruh dalam mengembangkan masyarakatnya sendiri.

            Menurut Prof Henri, determinisme teknologi mencatat bukti-bukti empiris kejadian ikutan setelah Johannes Gutenberg (1446) menemukan mesin cetak di Mainz, Jerman. The power of Gutenberg printing pers, telah mampu menduplikasi menghasilkan peningkatan dan penyebaran literasi masyarakat Eropa secara dramatis. Seratus tahun pasca penemuan itu, Eropa mengalami revolusi pencerahan dalam berpikir, terjadi abad pencerahan, renaissance.”Ilmu pengetahuan berkembang pesat. Buku dan Surat kabar bermunculan dan menyebar,” ungkap Prof Henri sebagai Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga.

            Fenomena terbaru juga terjadi di era digital, menurut  sebagai hasil dari dampak teknologi dewasa ini. Prof Henri mengatakan sekarang masyarakat menjadi mudah terhubung, terkoneksi satu dengan yang lain. “Penggunakan smartphone dengan teknologi digital telah memunculkan sharing communication dan komunikasi konvergensi,” ungkapnya.

            Manusia di dunia menjadi semakin cerdas, semakin efisien, produktif dan bekerja sama karena terkoneksi.”Itulah the network hingga masuk teknologi baru pasca digital yaitu Blockchhain,” jelas Prof Henri.

            Prof Henri  mengemukakan, sekarang ada 5 macam teknologi komunikasi yang kita gunakan yaitu 1.komputer, 2. Internet, 3. Digital, 4 Blockchain dan 5, Quantum. Setiap macam teknologi melahirkan inovasi. “Dan setiap bentuk inovasi bisa melahirkan profesi. Digital adalah teknologi yang melahirkan inovasi Youtube. Youtube memunculkan profesi youtuber. Digital juga melahirkan inovasi Twitter. Dan platform Twitter memunculkan profesi buzzer dan influencer. Masih banyak inovasi dan contoh yang lain,” ungkap Guru Besar Ilmu Komunikasi.

            Blockchain sendiri adalah teknologi lanjutan dari digital, berupa teknologi digital dengan system penyimpanan atau bank data yang saling terkoneksi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dan terkait dengan penggunaan kriptografi.

            Perguruan tinggi seperti Universitas Slamet Riyadi Solo, menurut Prof Henri, penting memahami perkembangan teknologi Blockchain, sehingga bisa ikut melakukan literasi kepada masyarakat. “Atau bisa pula mengadopsi ilmu tersebut untuk menjadi bahan kajian dan bahan kuliah mahasiswanya agar lulusan Unisri dapat nilai tambah saat menghadapi masa depan,” tandas Guru Besar Ilmu Komunikasi itu,

 

    

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.