News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tim PPK LSP PGSD Kebumen UNS Inovasikan Bank Sampah Digital di Desa Jatimalang, Kebumen

Tim PPK LSP PGSD Kebumen UNS Inovasikan Bank Sampah Digital di Desa Jatimalang, Kebumen

 Tim PPK LSP PGSD Kebumen UNS Inovasikan Bank Sampah Digital di Desa Jatimalang, Kebumen


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (AlexaInfoterkini.com), foto : Istimewa

KEBUMEN – Tim Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Lingkar Studi Pendidikan (LSP) Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kebumen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memperoleh prestasi dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi  Kemahasiswaan yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2022. Penghargaan ini diperoleh lantaran Tim PPK LSP PGSD Kebumen UNS berhasil menciptakan pengembangan bank sampah berbasis digital berupa website.

Tim PPK LSP PGSD Kebumen UNS yang diketuai oleh Rika Prima Santi menuangkan idenya dengan judul "Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Bank Sampah Digital di Desa Jatimalang, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen". Tim tersebut berfokus pengabdian masyarakat di Dusun Alas Malang dan Dusun Karang Jati. Kedua Dusun tersebut dipilih karena telah memiliki fasilitas bank sampah namun, akibat pandemi Covid-19 sempat tidak berjalan selama dua tahun.


“Berdasarkan persoalan tersebut kami melihat perlunya perubahan serta terobosan baru untuk mengatasi masalah yang ada. Bank sampah sendiri merupakan tempat pengumpulan sampah kering yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari sampah tersebut nantinya akan disetorkan kepada pengepul sampah ataupun dikelola oleh warga setempat menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi. Sementara program bank sampah ini bertujuan sebagai strategi untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Selain itu, supaya masyarakat dapat merasakan manfaat ekonomi secara langsung dari sampah yang mereka hasilkan,” ujar Rika Prima Santi. 

Lebih lanjut, pengembangan bank sampah digital berupa website yang dirancang oleh Tim PPK LSP PGSD Kebumen UNS ini dibuat dengan domain  http://banksampahjatimalang.my.id/. 

“Website bank sampah ini bertujuan untuk mempermudah dan juga memberikan akses yang transparan dalam pengelolaan keuangan kepada masyarakat. Tak hanya itu dalam website ini juga terdapat pamflet edukasi terkait sampah, video pembuatan kerajinan, akses lokasi bank sampah dan juga fitur berbelanja kebutuhan keseharian masyarakat melalui tabungan nasabah bank sampah yang sudah dikumpulkan,” tambah Rika Prima Santi.

Adapun pelatihan tahap 1 telah dilaksanakan pada (17/10/2022) pukul 10.00 WIB yang dihadiri pihak developer, dosen pendamping, dan segenap anggota tim. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalu platform Zoom Meeting. Sementara kegiatan ini berisi penyerahan berkas dan seperangkat source code website yang telah dibuat. 


Kemudian kegiatan selanjutnya akan diadakan sosialisasi dan pelatihan penggunaan website untuk masyarakat desa yang akan dilaksanakan pada Rabu (19/10/2022) pukul 14.30 WIB bertempat di Balai Desa Jatimalang. 

Di sisi lain, Tim PPK Ormawa pun berharap dengan adanya program ini dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk lebih memperhatikan sampah yang ada di sekitarnya. Adanya pembaharuan sistem bank sampah yang dibentuk juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk bertransaksi dan memanajemen pengelolaan sampah.

“Program ini sangat bagus untuk direalisasikan kepada masyarakat. Mudah – mudahan hal ini bisa memicu semangat masyarakat untuk berkontribusi pada Bank Sampah Desa Jatimalang”. pungkas Kepala Desa Jatimalang, Parjono.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.