News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Metode Card Sort Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Al Qur'an

Metode Card Sort Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Al Qur'an

 Metode Card Sort Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Al Qur'an



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto:istimewa

SOLO - Untuk meningkatkan motivasi belajar murid, Tati Kuraesin, guru Al Islam kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, menggunakan metode Card Sort pada pembelajaran Al Qur’an materi surat Al Insyiqaq, Kamis (12/1/2023).

Menurut Tati, dari  hasil  observasi  awal  pada  mata pelajaran Al Islam, penggunaan metode card sort sangat disenangi oleh murid. 


“Ketertarikan  murid  dalam  pembelajaran akan menumbuhkan motivasi  murid dalam  mengikuti pembelajaran dan menjadi faktor utama  tercapainya  tujuan  belajar  mengajar," ungkapnya.

Menurut Tati, penggunaan  metode  card  sort    dapat  menjadi  alternatif pilihan  untuk  diterapkan  dalam  pembelajaran  dengan  mempertimbangkan relevansi materi, tujuan, dan juga tingkat perkembangan peserta didik.

Selanjutnya, Tati menyampaikan delapan langkah penerapan metode card sort. Pertama, guru memberikan contoh bacaan surat Al Insyiqaq. Kedua, murid bersama-sama membaca surat Al Insyiqaq. 


Ketiga, guru menyiapkan kartu berisi materi surat Al Insyiqaq. Kartu-kartu tersebut berbentuk persegi, berukuran 20 cm x 8 cm, dan berisi potongan dari ayat-ayat surat Al Insyiqaq. Keempat, seluruh kartu diacak agar tercampur. 

Kelima, guru membagi murid ke dalam 5 kelompok. Kartu-kartu tersebut dibagikan kepada semua kelompok. Selain kartu, juga dibagi kertas asturo berwarna sebagi media untuk menempel kartu tersebut.

Keenam, guru memberi kesempatan satu kelompok untuk memulai berdiskusi dengan menyampaikan argumen yang disepakati dalam kelompok selama 5 menit.

Ketujuh, tugas setiap kelompok menyusun kartu di papan dan melafalkan ayat yang telah disusun dengan benar selama 10 menit.

Kedelapan, guru mengapresiasi hasil seluruh kelompok dan mengklasifikasi atau menyimpulkan dengan membandingkan permasalahan yang ditemui terkait materi pada surat Al Insyiqaq.

Menurut salah satu murid kelas V, Fahri Darusalam, kegiatan pembelajaran Al Islam hari ini sangat seru.

“Pembelajaran menjadi menyenangkan, karena belajar secara kelompok dan kelompok saya paling awal menyelesaikan tugas dalam menyusun ayat pada surat Al Insyiqaq," ungkap Fahri.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.