News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pesantren Kilat Romadhon SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Perkokoh Nilai Keimanan dan Islam

Pesantren Kilat Romadhon SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Perkokoh Nilai Keimanan dan Islam

 Pesantren Kilat Romadhon SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Perkokoh Nilai Keimanan dan Islam 


 ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

Solo- Menghidupkan 10 hari terakhir Romadhon menjadi tantangan dalam menjaga semangat Romadhon hingga akhir.  Maka Siswa  SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dikuatkan kembali dengan mengikuti pesantren kilat Romadhon. Kegiatan ini diadakan tiga hari sebelum jelang libur Idul Fitri. Pelaksanaannya dilakukan dengan bergiliran kelas 7 setelah itu 8 dan 9. Para pembimbing, yakni para guru Pendidikan Agama Islam SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. 


Waka Al Islam dan Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Isa Alfajri, Lc, M.Pd. menyampaikan, “Kegiatan pesantren kilat Romadhon bertujuan untuk menguatkan keimanan dan keislaman para siswa.”  

Pukul 07.30 pagi para peserta pesantren kilat sudah berkumpul di Mushola Thoyibah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Para siswa melakukan sholat dhuha berjamaah dan dilanjutkan mengaji dengan irama nahawad surat-surat di jus 30 secara Bersama-sama. Sesi kedua untuk memperbaiki bacaan Al qur’an siswa diberikan materi Tahsin, agar ucapan huruf hijaiyahnya dapat sesuai dengan makhorijul hurufnya dan Panjang pendeknya. Sesi ketiga dibagi menjadi kelas putra dan putri. Para siswa akan mendapatkan materi di kelas, yang masing- masing kelas berbeda materi. Siswa akan bergiliran masuk kelas tersebut sesuai penjadwalan. 


Pada kelas pertama antara putra dan putri diberikan materi yang berbeda. Pada kelas putra Adzan dan Iqomah untuk membetulkan adzan dan iqomah para siswa putra.  Untuk Putri mengikuti kelas keputrian Romadhon yang membahas ibadah yang tetap bisa dilakukan walaupun mereka dalam posisi berhalangan untuk sholat maupun puasa. Pada sesi keempat mereka belajar wudhu dan tayamum sesuai dengan himpunan putusan tarjih (HPT) Muhammadiyah. Sesi akhir para siswa belajar hadist-hadist shoheh Nabi Muhammad SAW yang membimbing mereka dalam beribadah dan bergaul dikehidupan sehari-hari, dan kegiatan pesantren kilat ditutup dengan jama’ah dhuhur berjama’ah. 


Kesan salah satu siswa kelas 8 PK1 Zulfa Lailika Nurul Shalikhah, “Pesantren kilat Romadhon ini menyenangkan, dan menambah ilmu baru untuk menambah semangat beribadah di Bulan Romadhon, pungkasnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.