News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Prof Dr. Harun Joko Prayitno. M.Hum : Memperingati Guru Nasional 2023, Guru Besar Pendidikan Sebagai Pesan Guru Untuk Abad 21

Prof Dr. Harun Joko Prayitno. M.Hum : Memperingati Guru Nasional 2023, Guru Besar Pendidikan Sebagai Pesan Guru Untuk Abad 21

Prof Dr. Harun Joko Prayitno. M.Hum : Memperingati Guru Nasional 2023, Guru Besar Pendidikan Sebagai Pesan Guru Untuk Abad 21



Guru Besar Pendidikan

Prof Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum

Guru Besar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum dalam kaitannya memperingati tanggal 25 Nopember 2023 Hari Guru Nasional tahun 2023 ini menyatakan guru itu hakekatnya memiliki 7 pilar fungsi social dan 7 pilar edukasi.

Pertama, guru itu berfungsi sebagai pilar .untuk memerdekakan pendidikan. Memerdekaan Pendidikan adalah guru memberi ruang kepada peserta didik wawasan lebih terbuka untuk mejelajah tanpa batas. Pendidikan anak itu menjadi merdeka. Merdeka itu bukan dipahami bebas koridor ekonomi atau politik tetapi kebebasan didalam mendapatkan hak pendidikan.

Kedua, guru itu memiliki fungsi sebagai pilar memiliki kepakaan membumikan social, artinya  guru itu memberikan ruang atau membersamai mengajak anak didik didalam berkehidupan bermasyarakat, jadi guru itu menjadi teladan maka dengan didampingi oleh guru. Jadi kompetensi social anak lebih bagus. Informasi yang didapat oleh anak didik dari berbagai sumber dalam berkehidupan masyarakat.

Tiga, guru harus bisa menebarkan semangat tanpa batas. Guru itu sifatnya bukan mematikan atau membunuh semangat, Guru harus bisa memompa, harus bisa menebarka, menumbuhkan dan mendorong motivasi anak supaya kesejatiannya tersalurkan.

Keempat, guru  itu seyogyanya harus berfungsi sebagai pilar yang mampu center of empati. Artinya guru harus sangat deket dengan anak. Guru harus merangkul empati atau merasakan apa yang dirasakan oleh anak.

Kelima, guru harus menghadirkan pendidikan untuk semua, jadi harus berfungsi menyinari atau pendidkan semua lapisan for all. Selanjutnya keenam guru sebagai merajut anak didik, menata impian anak. Berarti sebagai sumber inspirasi sekaligus mewujudkan impian anak.

Ketujuh,guru bisa menjadi sumber kunci untuk membuka atau salah satu kunci untuk membukakan atau mewujudkan harapan anak didik itu. Artinya guru sangat dibutuhkan kehadiranya dalam konteks era komunikasi global. Yang berikutnya guru harus mampu menanam tekat dan semangat anak didik.

Guru juga harus menjadi sosok kehangatan orang tua di sekolah karena orang yang menyerahkan peran orang tua di sekolah.

Kesepuluh, sebagai fondasi membangun masa deoan anak, fondasi karakter, fondasi kejujuran, fondasi kemandirian, ketekunan dan kekokohan.

Kesebelas, guru sebagai sumber adaptasi anak didik, karena sering kali menempatkan guru sebagai salah satu model  kehidupan.

Keduabelas. Guru sebagai pilar rujukan dalam menumpahkan keluh kesah. Sehingga sebagai rujukan. Pilar ketiga belas adalah sebagai inspirasi anak didik. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.