News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gema Kampus Ramadhan 1443 Hijriah ala Universitas Muhammadiyah Surakarta

Gema Kampus Ramadhan 1443 Hijriah ala Universitas Muhammadiyah Surakarta

Penulis : Putri, Risma dan Yeni 

SUKOHARJO - Menyambut bulan suci Ramadhan, tradisi yang sudah dilaksanakan tiap tahunnya di Masjid Hj. Sudalmiyah Rais UMS. Relawan Masjid Hj. Sudalmiyah Rais menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan yang sifatnya positif yaitu Gema Kampus Ramadhan atau GKR. Untuk memeriahkan seluruh rangkaian kegiatan, maka akan diadakan "Grand Opening Menuju Ramadhan" bersama Rektor UMS.

"Nantinya rutinitas harian ada kajian ormawa, kajian kurma (kajian umum ramadhan dan buka bersama)", ujar Kepala Departemen Kaderisasi Relawan Masjid Hj. Sudalmiyah Rais Fu'ad saat ditemui di ruang takmir (24/3).Menurutnya, Kegiatan kurma (kajian umum Ramadhan dan buka bersama) yang diadakan setiap sore menjelang buka puasa dengan membagikan kurang lebih 300 kotak nasi. Dari 300 kotak nasi tersebut  200 kotak nasi di bagikan kepada jamaah masjid Sudalmiyah dan 100 kotak nasi di masjid Fadlurrahman serta tiap malam diadakan salat tarawih berjamaah di masjid Sudalmiyah.

Relawan masjid Sudalmiyah dan Fadlurrahman memberikan slot kepada seluruh ormawa di UMS.   Slot tersebut dapat diikuti bagi mereka yang akan mengadakan kajian atau tabligh akbar yang di fasilitasi oleh relawan masjid. "Misal dari mereka ingin mengadakan kajian atau tabligh akbar insyaallah dari kami mewadahi dan menyalurkan informasi tersebut ke bapak-bapak takmir", lanjut Fu'ad. 

Lebih lanjut Fu'ad mengatakan, menambahkan Ramadhan kali ini kegiatannya cukup padat. Dalam sebulan akan diadakan tiga kali tabligh akbar dengan menghadirkan pihak tvMu. 

Sedangkan kegiatan 10 hari terakhir bulan ramadhan akan diadakan i'tikaf di masjid Sudalmiyah. Bagi para jamaah yang ingin bergabung dapat mendaftarkan diri. Tim relawan masjid Sudalmiyah menyediakan fasilitas VVIP, seperti makanan sahur, berbuka puasa, dan laundry.

Fu'ad juga menambahkan apabila ormawa akan mengadakan kegiatan dapat mengisi surat izin melalui link google drive menyesuaikan timeline yang telah disediakan oleh rim relawan dan seluruh informasi terkait bulan Ramadhan dapat diperoleh melalui instagram gkr.ums.

Menurut Fuad, pihak Rektorat mengadakan salat Idul Fitri yang dibantu oleh tim relawan masjid Sudalmiyah. Berbeda dengan Ramadhan kali ini, kegiatan Ramadhan tahun lalu tidak ada kegiatan seperti tahun ini, hanya ada pembagian kotak nasi secara drive thru. 

Seluruh kegiatan akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.