News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Teluk Kendari Sambil Sholat di Masjid Terapung Al-Alam

Teluk Kendari Sambil Sholat di Masjid Terapung Al-Alam


Kendari - Teluk Kendiri memiliki masjid unik  terapung diatas air laut. Masjid ini tidak hanya sebagai wisata religi tetapi banyak dikunjungi jamaah sholat diwaktu jam sholat. " Masjid Al Alam adalah masjid terapung, yang banyak dikumjungi wisatawan kalau berkunjung di Kendari, Sulawesi Tenggara," termasuk peserta Hari Pers Nasional 2022 dari kota Solo Eko Prasetyo , Rabu (11/2).


Eko mengemukakan, saat berada di kota ini, kurang lengkap rasanya jika tak mendatangi Masjid Al-Alam. Berada di perairan Teluk Kendari, membuat Masjid Al-Alam mempunyai julukan unik tersendiri. Masyarakat biasa menyebutnya masjid terapung. Arsitekturnya tak kalah mengagumkan, membuat semua orang dibuat takjub. "Keunikan utama Masjid Al-Alam adalah dibangun di atas air. Lokasinya jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota. Berada di Masjid Al-Alam terbukti menambah khusyuk beribadah," ujar Eko.


Lebih lanjut Eko mengemukakan,  formasi Masjid Al-Alam membentuk menyerupai angka delapan berlatarkan gemerlapnya lampu kota Kendari. "Melihat senja sambil menunggu azan di pelataran Masjid Al-Alam, menjadi salah satu cara menikmati keagungan ciptaan Tuhan," ungkapnya.


Masjid Terapung ini, menurut Eko yang penduduk Kendari, terbagi menjadi bangunan utama masjid, plaza tertutup dan plaza terbuka. "Namun selain untuk tujuan beribadah, keindahan arsitekturnya sering dijadikan pengunjung lokasi berfoto," ujarnya.


Keindahan eksteriornya, kata Eko, begitu menawan. Menara masjid yang tinggi menjulang bagaikan menara Burj Dubai di Uni Emrat Arab. Menara masjid di sisi timur memiliki ketinggian 321 meter. Sedangkan dua menara pada sisi barat sedikit lebih rendah. Desain keseluruhan menara dinominasi dengan warna biru dan diselingi cat putih. Bentuknya pun juga unik, lebar di bawah dan meruncing ke atas. Sedangkan menara pendek melembung pada bagian tengah kemudian meruncing ke atas.

Tembok luar masjid dihiasi dengan ornamen bernuansa kelopak bunga. Ke empat sudut masjid dikelilingi dengan hiasan berbahan GRC tersebut. "Menjadikan penampilan Masjid Al-Alam begitu elegan," ujarnya. 


Disekat dengan 9 pilar, kata Eko, di setiap sisi masjid membuat konstruksi masjid begitu kokoh.

Pada bagian atas tembok kanan dan kiri terpampang nama Masjid Al-Alam Kendari berwarna putih. Papan nama yang akan menyala saat senja tiba dan mempercantik keindahan Masjid Al-Alam.

Memalingkan pandangan ke atap masjid semakin menambah kesan indah. Kubah berwarna emas ini dominan menutupi atap masjid Al-Alam. Ujung kubah terdapat simbol bulan bintang yang jadi simbol masjid pada umumnya. Menurut penjelasan pemerintah terkait, kubah Masjid Al-Alam konstruksinya didatangkan dari negara Jerman.


Sebenarnya, menurut Eko, masjid ini tidak serta-merta terapung dengan pelampung. Masjid Al-Alam berdiri dengan luas 12.692 meter, mampu menampung hingga 10.000 jemaah. Pondasi Masjid Al-Alam tertancap ke dasar Teluk Kendari. Sehingga menyebabkan seolah masjid ini melayang di permukaan air laut. Pada saat tertentu, air laut surut dan memperlihatkan dasar teluk.


Eko mengungkapkan, tiga pintu utama menjadi jalur memasuki Masjid. Interior Masjid Al-Alam tak kalah elegan. Masjid bagian dalam didominasi dengan warna putih. Pada bagian kubah dihiasi cat berwarna hijau tosca dengan aksen bunga keemasan. Langit-langit atapnya dibuat persegi bersekat. Pada setiap bentuk perseginya dihias dengan bintang segi delapan berwarna hijau tosca.

Mimbarnya tak luput dari hiasan warna keemasan yang melengkung menjulang ke langit-langit. Jika dilihat dari luar, masjid ini terlihat hanya memiliki satu lantai. Berbeda ketika memasukinya, baru terlihat masjid ini memiliki dua lantai. Berada di dalam Masjid Terapung Al-Alam nampaknya memberikan kesejukan tersendiri.


Menurut Eko, Masjid Al-Alam dibangun pada tahun 2010 era kepemimpinan Gubernur Nur Alam. Delapan tahun kemudian telah rampung, dan diresmikan penggunaannya. Fasilitas Masjid Terapung Al-Alam juga tergolong lengkap. Bahkan tempat parkirnya lebih dari dua kali lipat bangunan masjidnya. "Untuk mendatangi Masjid ini harus melintasi bentangan jalan yang membelah Teluk Kendari. Jaraknya mudah dijangkau dari Kota Kendari," ungkapnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.