News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FK UNS Lepas 23 Wisudawan Dokter Spesialis Periode April 2022

FK UNS Lepas 23 Wisudawan Dokter Spesialis Periode April 2022

 FK UNS Lepas 23 Wisudawan Dokter Spesialis Periode April 2022


caption foto : istimewa

Penulis : ditulis kembali oleh eko prasetyo (alexa IT com)

SOLO - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 23 lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada periode April 2022, Jumat (22/4/2022). Acara diselenggarakan secara ¬hybrid yang bertempat di Auditorium FK UNS serta disiarkan melalui kanal Youtube FK UNS.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Ir. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., Dekan FK UNS, Prof. Dr. dr. Reviono, Sp. P(K), para wakil dekan, Direktur RSUD Moewardi Surakarta, Dr. dr. Cahyono Hadi, Sp.OG(K)., S.H., Direktur Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, Direktur RS UNS, serta perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FK UNS.

Acara pelepasan yang diikuti 23 peserta didik PPDS FK UNS berasal dari 7 Program Studi (Prodi). Empat diantaranya merupakan penerima Beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI). FK UNS pun telah meluluskan sebanyak 299 lulusan penerima beasiswa tersebut. 


Dalam laporan yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D., selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, 23 orang peserta pelepasan terdiri dari 1 orang wisudawan dari Program Studi (Prodi) Anestesiologi dan Terapi Intensif, 4 orang wisudawan dari Prodi Ilmu Bedah, 4 orang wisudawan dari Prodi Ilmu Kesehatan Anak, 1 orang wisudawan dari Prodi Dermatologi dan Venereologi, 1 orang wisudawan dari Prodi Telinga, Hidung, Tenggorokan, Bedah Kepala, dan Leher, 2 orang wisudawan dari Prodi Ilmu Penyakit Dalam, dan 10 orang wisudawan dari Prodi Psikiatri.

Septiana Hestiningrum, Sp.PD., menjadi lulusan dengan IPK tertinggi pada pelepasan kali ini. Ia merupakan lulusan Program Studi (Prodi) Ilmu Penyakit dalam yang memperoleh IPK 3.88. Adapula Frieda, dr., Sp.D.V., yang menjadi lulusan dokter spesialis termuda. Ia merupakan lulusan Prodi Dermatologi dan Venereologi dengan usia pada saat lulus 30 tahun 9 bulan. Selain itu, Prodi Psikiatri menjadi prodi dengan rata-rata lama studi tercepat, yaitu 3 tahun 7 bulan. Hingga saat ini, FK UNS telah melepaskan sebanyak 1.502 orang dokter spesialis sejak awal berdirinya.

Prof. Kuncoro, dalam sambutannya, menyoroti ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran yang mampu berkembang dengan sangat cepat. Ini menunjukkan bahwa profesi dokter dan inovasi pengobatannya semakin menjadi bagian penting dalam mewujudkan kualitas layanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat. Mengingat kondisi tersebut, Prof. Kuncoro mengimbau kepada para dokter spesialis baru FK UNS untuk tidak berhenti belajar dan meningkatkan kualitas keilmuannya.

“Saya percaya di pundak sejawat para dokter spesialis yang hari ini dikukuhkan ada beban tanggung jawab yang tidak ringan dalam merealisasikan sumpah dokternya. Tetapi saudaraku tidak perlu khawatir. Dengan kemampuan penguasaan ilmu kedokteran dan keterampilan medis yang telah saudara miliki dan kuasai, saya yakin saudara mampu meraih sukses dan menjaga marwah profesi kedokteran,” tutur Prof. Kuncoro.

Selain itu, Prof. Reviono turut menyampaikan selamat kepada para dokter spesialis baru FK UNS dalam acara ini. Ia juga menegaskan bahwa PPDS FK UNS berfokus pada penyiapan kompetensi terbaik yang harus dicapai para dokter spesialis nantinya. Prof. Reviono juga menitipkan tiga pesan kepada para dokter spesialis, yaitu menjaga integritas, profesionalitas, dan jejaring yang baik.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.