News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelar Kuliah Tamu, Prodi S1 Manajemen UNS Bahas Performance Management

Gelar Kuliah Tamu, Prodi S1 Manajemen UNS Bahas Performance Management


caption foto : istimewa

Penulis : ditulis kembali oleh eko prasetyo (alexa IT.com)

SOLO - Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kuliah tamu bertajuk Guest Lecture: “Human Capital: Performance Management”. Adapun acara diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Kamis (21/4/2022).

“Kuliah tamu ini menghadirkan praktisi yang ahli untuk memperbincangkan topik performance management atau manajemen kinerja. Kami mengundang praktisi dengan harapan dapat memberikan gambaran nyata terkait manajemen kinerja. Semoga kuliah tamu ini dapat menambah khasanah dan ilmu dari apa yang nantinya dipaparkan narasumber,” ujar Dosen Prodi Manajemen FEB UNS, Risgiyanti, S.E., M.Si.

Risgiyanti menambahkan bahwa sebelumnya Prodi S1 Manajemen FEB UNS telah membahas dari segi teori mengenai perubahan konsep manajemen kinerja tradisional ke manajemen kinerja yang kontemporer. Serta berharap lewat kuliah tamu ini dapat memberikan gambaran nyata terkait manajemen kinerja serta pemanfaatannya untuk dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kuliah tamu kali ini menghadirkan narasumber Head of Human Capital PT. Solusi Mobilitas Bangsa (GoFleet), Vindy Artissya Ryzkha, M.Si. Mengawali paparannya, Vindy menyampaikan materi mengenai Performance Management. 

“Performance management atau manajemen kinerja merupakan proses membangun pemahaman antar sesama karyawan tentang apa yang ingin dicapai oleh perusahaan. Hal ini untuk menyelaraskan tujuan perusahaan dengan kriteria menjadi karyawan, keterampilan, persyaratan kompetensi, rencana pengembangan, dan penyampaian hasil. Penekanannya ada pada perbaikan, pembelajaran dan pengembangan untuk mencapai strategi bisnis secara keseluruhan, dan untuk menciptakan tenaga kerja berkinerja tinggi,” jelas Vindy.


Vindy melanjutkan performance management adalah cara untuk memperbaiki kinerja karyawan dan mengembangkan kompetensinya. Ini semua untuk mencapai tujuan atau ambisi dari perusahaan

“Bagi yang ingin berkarir di bidang Human Resource (HR), performance management adalah 80% dari apa yang nantinya dikerjakan oleh HR,” tambah Vindy.

Sementara itu, sebagaimana yang dijelaskan Vindy bahwa tujuan diadakannya performance management untuk menyelaraskan antara tujuan kinerja dengan tujuan perusahaan, menetapkan ekspektasi kinerja antara karyawan dan atasan, menjalin komunikasi tim, menetapkan standar kinerja, dan mengembangkan program Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kemudian strategi yang dapat diterapkan untuk performance management dapat dimulai dengan membuat kerangka tujuan, menentukan tujuan utama Anda, membangun metrik atau Key Performance Indicators (KPIs), melakukan diskusi terhadap kinerja, serta memberikan penghargaan dan pengakuan,” terang Vindy.

Pada dasarnya performance management difungsikan untuk menguraikan tugas dan rencana karyawan secara jelas yang mencakup Key Result Areas (KRA’) dan indikator kinerja. Kemudian melakukan seleksi terhadap sekelompok orang yang tepat dengan menerapkan proses seleksi yang tepat pula. 

“Selanjutnya menegosiasikan persyaratan dan standar kinerja untuk mengukur hasil dan produktivitas keseluruhan terhadap tolok ukur yang telah ditentukan. Memberikan pembinaan dan umpan balik yang berkelanjutan selama periode penyampaian kinerja. Terakhir mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan dengan mengukur hasil yang dicapai terhadap standar yang ditetapkan dan menerapkan program pengembangan yang efektif untuk perbaikan,” tukas Vindy.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.