News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Grand Opening Gema Kampus Ramadhan 1443H di UMS

Grand Opening Gema Kampus Ramadhan 1443H di UMS

 

Grand Opening Gema Kampus Ramadhan 1443H di UMS 

Penulis : eko Prasetyo (Alexa.IT.Com)

SUKOHARJO - Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mengadakan serangkaian acara yang di kemas dalam "Gema Kampus Ramadhan" (GKR ) yang di buka secara langsung oleh Rektor UMS, Jumat (1/4) berlokasi di Masjid HJ. Sudalmiah Rais.

Dalam kesempatan itu Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si mengajak jamaah  untuk menyambut Ramadhan kali ini dengan penuh suka cita dan penuh semangat. GKR disebutkan sebagai tanda awal puasa, yang dijalankan mulai Sabtu (2/4) sebagaimana warga Muhammadiyah menjalankan. 

"Kehadiran bulan suci Ramadhan ini akan membawa manfaat besar bagi umat Islam, hal ini yang nantinya akan membangun jati diri sebagai seorang yang beriman. Selain itu, manusia juga dituntut untuk selalu berfikir secara dinamis dan progressif dalam mencapai tujuan yang lebih baik," papar Rektor UMS .

Menurutnya, rasa syukur itu kemudian di imbangi dengan melakukan amalan amalan ibadah, dan itu yang akan menjadikan orang-orang yang akan mendapat maghfiroh dari Allah SWT. 

"Sosok orang yang bertakwa adalah orang yang memiliki nilai ataupun karakter, dan di bulan Ramadhan inilah wadah dalam pendidikan sebagai bentuk tranformasi nilai. Bukan hanya nilai spiritualitas saja, habblum minallah dan habblum minannas juga harus seimbang," tegas Sofyan dalam Pembukaan Gema Kampus Ramadhan.

Dia menambahkan, tidak hanya mendapatkan nilai spiritualitas yang kemudian dilakukan dalam aktivitas sehari-hari, namun aspek sosiologis juga harus dilakukan. Seperti halnya menjadi seorang yang suka menolong, memiliki empati yang tinggi kepada orang yang membutuhkan, dapat dipercaya dan lain sebagainya.

"Maka tentu ini yang sering disebut sebagai hikmah Ramadhan, proses pendidikan umat Islam yang outputnya adalah menjadikan orang yang beriman dan bertakwa. Hal itulah yang akan kita peroleh dalam proses yang kita latih di bulan Ramadhan ini," pungkasnya. 

Agenda ini merupakan pembuka dari  serangkaian acara Gema Kampus Ramadhan di UMS dengan tema "Gemakan Ramadhan dengan Ghirah Islam Demi Membangun Peradaban Berkemajuan". Kegiatan yang akan dilakukan diantaranya yaitu, Sarasehan, Grand Opening, Kajian Kurma, Kajian An nisa, Kultum Ba'da Isya dan Sholat Tarawih Berjamaah, Tabligh Akbar, I'tikaf dan Sholat Idul Fitri.



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.