News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS Gelar Webinar Bahas System Literatur Review

Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS Gelar Webinar Bahas System Literatur Review



 Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS Gelar Webinar Bahas System Literatur Review

Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (alexa IT Com)

caption foto : istimewa

SOLO – Grup Riset Kearifan Lokal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar Seri Webinar Kearifan Lokal. Adapun Seri Webinar Kearifan Lokal merupakan diseminasi hasil karya dari Peneliti Grup Riset Kearifan Lokal. Kegiatan ini pun rutin diselenggarakan secara periodik setiap akhir bulan. 

Sementara itu seri webinar kali ini mengusung tema Systematic Literature Review dengan Pendekatan Thematic Analysis & Social Network Analysis (SNA). Acara diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Rabu (27/4/2022).


Moderator webinar sekaligus Peneliti Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS, Ana Shohibul Manshur Al Ahmad, S.E., M.Sc mengatakan bahwa penyelenggaraan webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait bagaimana mengelompokkan riset yang sesuai dengan riset interest masing-masing.

“Dalam beberapa dekade terakhir terkait road map model penelitian terutama untuk publikasi berkembang sangat luar biasa. Sebagai seorang pendidik dalam melihat hal ini bagaimana kita mampu memberi kontribusi memberikan novelty yang baru terkait riset dari publikasi yang telah ada. Salah satunya dapat diwujudkan dengan menggunakan Systematic Literature Review. Dengan demikian, selepas webinar ini harapannya kita bisa mendapatkan model baru bagaimana mengelompokkan studi atau menentukan fokus konstruktivis kita saat melakukan penelitian,” ujar Shohibul dalam sambutannya.


Dengan menghadirkan narasumber Peneliti Senior Grup Riset Kearifan Lokal FEB UNS, Dr. Lilik Wahyudi, S.E., M.Si., memaparkan materi tentang Systematic Literature Review dengan Pendekatan Thematic Analysis & Social Network. Ia mengatakan bahwasanya model Systematic Literature Review sangat membantu dalam mengembangkan penelitian. 

“Yang menjadi trend Systematic Literature Review tak hanya berkaitan dengan mereview artikel. Tetapi juga dapat sebagai pondasi untuk mengembangkan artikel yang sudah ada. Systematic Literature Review membantu kita untuk menemukan novelty. Novelty merupakan kebaruan riset dari riset yang sudah ada sebelumnya,” terang Dr. Lilik.

Dr. Lilik menambahkan Systematic Literature Review bertujuan untuk mengintegrasi dan mensintesis pengetahuan, mengidentifikasi kesenjangan dan inkonsistensi pengetahuan, serta sebagai petunjuk penelitian di masa mendatang.

“Untuk bentuk Systematic Literature Review meliputi Domain-based reviews, Theory-based reviews, Method-based reviews, Meta-analytical reviews, dan Meta-systematic reviews,” kata Dr. Lilik.

Ia melanjutkan manfaat dari menggunakan Systematic Literature Review untuk menghindari penelitian replikatif, memandu perencanaan penelitian, dan mendukung klaim kebaruan ketika pengetahuan lama dan baru dikontraskan.

“Sedangkan alasan menggunakan Systematic Literature Review ialah supaya berhasil mendapatkan publikasi, menghindari fieldwork atau bekerja berlebihan, serta mempermudah melakukan penelitian,” pungkas Dr. Lilik. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.