News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HMJ Ekonomi Pembangunan UNS Adakan Entrepreneurship Talk

HMJ Ekonomi Pembangunan UNS Adakan Entrepreneurship Talk

 HMJ Ekonomi Pembangunan UNS Adakan Entrepreneurship Talk



penulis : ditulis oleh eko prasetyo (alexa IT com)

caption foto : istimewa

SOLO-Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bismis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan webinar. Kegiatan ini bertajuk entrepreneurship talk dengan tema ‘Survive in the Midst of Intense Competition’.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (9/4/2022) ini, HMJ EP menghadirkan Amanda Yuanita dan Eklisia Exsis In Samodra sebagai narasumber. Acara ini diikuti oleh ratusan peserta baik dari lingkup UNS maupun luar UNS.

Pembicara pertama, Amanda Yuanita merupakan mahasiswa dari Prodi EP FEB UNS yang sekaligus pemilik usaha breadbite.id. Ia menjelaskan mengenai pentingnya berwirausaha, sifat-sifat yang harus dimiliki seorang wirausahawan, dan cara menumbuhkan ide serta merealisasikanya dalam kewirausahaan. 

“Kewirausahaan adalah proses melakukan maupun menciptakan sesuatu yang baru dengan cara-cara yang kreatif dan penuh dengan inovasi yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain serta mempunyai nilai tambah. Tahap pertama harus memiliki ide usaha, membuat konsep usaha, lalu menghitung kebutuhan investasi. Kemudian, melakukan studi kelayakan usaha dan perencanaan pengembangan usaha,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan sifat-sifat yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Wirausahawan harus memiliki sifat gigih, tekun, dan pantang menyerah.

“Selain itu juga harus fokus dan dapat belajar dari kesalahan. Lalu, kreatif, inovatif, komunikatif, mempunyai tujuan, dan tidak mudah puas,” imbuhnya.

Sementara itu, pembicara kedua yaitu Eklisia Exsis in Samodra yang merupakan pemilik usaha Serat Makna (Batik Daily Wear) ini menyampaikan materi tentang tantangan, solusi, dan cara mempertahankan usaha


“Tantangan yang sering dihadapi adalah inovasi, pasar, pemasaran, mental, dan modal. Tapi, itu bisa dihadapi dengan beberapa hal seperti menghadirkan investor, membuat inovasi bisnis agar berbeda dari bisnis yang sudah ada. Lalu, harus memiliki pangsa pasar atau unique sell. Dalam pemasaran bisa dilakukan dengan cara digital marketing, konten marketing, dan networking,” jelas Eklisia.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.