News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Gelar Halal Bi Halal

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Gelar Halal Bi Halal

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Gelar Halal Bi Halal  


Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexa IT.Com), caption foto : istimewa

SOLO - Halal bi halal kali ini terasa berbeda dengan halal bihalal tahun-tahun sebelumnya. Halal bi halal di Tahun 2022 ini diawali dengan salat Dhuha dan berlokasi di Mushola Thoyibah SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, Senin (9/5). Kebiasaan  Sholat Dhuha menjadi rutinitas dikala sebelum pandemi. 

Humas SMP Muhammadiyah 1 Solo, Frida mengatakan merujuk salah satu hadis yang diriwayatkan Hakim dan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya." Maka di awal masuk ini Siswa akan mulai dibiasakan kembali mengawali aktivitas dengan sholat Dhuha. Selain itu Sholat Dhuha perdana setelah libur Idul fitri ini menjadi rasa syukur (PTM) Pembelajaran Tatap Muka dapat berlangsung normal kembali, sekaligus doa agar Alloh senantiasa melancarkan segala aktifitas sebagai salah satu pemberian rizki-Nya.

Setelah  Sholat Dhuha, menurut Frida, siswa-siswi SMP muhammadiyah 1 Surakarta melakukan Ikrar halal Bi Halal, yang dipimpin oleh Muhammad Razief Aryan kelas 8PK1. Ikrar tersebut berisi pernyataan untuk bersedia memohon maaf dan memberi maaf atas kesalahan baik yang dilakukan teman maupun guru. 


Sesi selanjutmya adalah tausiyah dari Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, H.Sukidi, S.Ag.M.Pd. Pada tausiyah beliau secara interaktif bertanya pada perwakilan siswa pandangan mereka tentang kesuksesan. Jawaban perwakilan siswa masih seputar mendapatkan posisi yang diidamkan di dunia, dan memiliki benda yang mewah. Merespon hal tersebut, beliau mengingatkan bahwa, “Kesuksesan tidak hanya mengimpikan materi dunia tetapi juga akhirat.” 

Salah satu cara meraih sukses itu dengan menciptakan harmonisasi di sekolah, agar segala aktivitas dapat berjalan dengan lancar. Karena dengan hubungan yang baik dengan teman maupun orang disekitar kerjasama kita dapat  berlangsung dengan baik, maka penting untuk saling memaafkan, selain itu lingkungan sekolah senantiasa membiasakan ibadah yang menjadi bekal untuk kesuksesan diakhirat, diantaranya mengaji dan menghafal Al Qur’an, Sholat wajib maupun sunah seperti Sholat Dhuha. Ibadah yang baik dan akhlak yang baik akan menunjang dalam kesuksesan di Dunia maupun akhirat.


Acara dilanjutkan dengan doa bersama oleh Ustadz Isa Al Fajri, Lc, M.Ag. Pada sesi akhir halal bi halal para siswa bersalaman dengan ustadz dan para siswa putri bersalaman dengan ustadzah dengan menelangkupkan kedua tangan tanpa bersentuhan. 




Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.