News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mahasiswa D-3 Teknik Sipil UNS Raih Juara 1 Lomba Rancang Bangun Tingkat Nasional

Mahasiswa D-3 Teknik Sipil UNS Raih Juara 1 Lomba Rancang Bangun Tingkat Nasional

Mahasiswa D-3 Teknik Sipil UNS Raih Juara 1 Lomba Rancang Bangun Tingkat Nasiona


Penulis : ditulis kembali oleh eko prasetyo (alexa.IT.com), caption foto : istimewa

SOLO-Prestasi di tingkat nasional kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pada Sabtu (28/5/2022), tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Sipil Sekolah Vokasi (SV) UNS baru saja meraih juara 1 lomba rancang bangun tingkat nasional. Mereka adalah Ramadhan Widy Pratama, Hative Dzunur Romadhoni, dan Rafli Diky Zakaria.

Kompetisi ini bertajuk The 5th Diploma Civil And Architecture Scientific Competition (Disco) yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Riset Diploma Teknik Sipil dan Arsitektur (Dipovil) Universitas Diponegoro (Undip). Mereka mengusung desain hunian dengan permasalahan lahan sempit dan lingkungan yang panas serta rawan banjir. 

“Kami merancang hunian dengan 3 konsep unggulan utama, yaitu smart, innovative, dan friendly. Smart di rumah ini mengadopsi penggunaan skylight dan lampu kamar mandi otomatis yang digerakkan oleh remote control guna meminimalisir penggunaan listrik. Rumah ini juga dirancang tahan banjir karena terdapat biopori dan rooftop drainage cells yang terintegrasi dengan harvest rain sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir,” jelas Ramadhan Widy selaku ketua tim, Selasa (7/6/2022).

Ramadhan Widy atau yang kerap disapa Rama menambahkan bahwa hunian ini juga dibangun menggunakan material pilihan sehingga calon penghuni akan merasa sangat aman dan nyaman jika tinggal di rumah tersebut. Melalui rancangan bangunan ini,  mereka berhasil mengungguli peserta lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Teknis kompetisinya kami diminta merancang suatu hunian yang memiliki beberapa permasalahan. Kami juga menghitung RAB dan membuat animasi untuk menambah ketertarikan terhadap hunian tersebut. Setelah itu, ditentukan 5 finalis untuk presentasi di babak final,” imbuhnya.


Mereka sempat tidak menyangka ketika diumumkan mendapat juara 1 dalam kompetisi tersebut. 

“Pas pengumuman, kami sangat kaget dan bersyukur juga karena perjuangan kami selama mengerjakan perlombaan ini mendapatkan hasil yang memuaskan. Semoga desain dan rancangan kami dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang yang ingin membangun sebuah hunian. Selain itu, semoga dapat memicu  semangat kami dan teman-teman di UNS untuk terus berjuang dan tidak menyerah. Jangan takut untuk mencoba lomba,” pungkas Rama. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.