News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dosen IPB Pulang Kampung Latih SIswa SMK BK 5 Teras Jaringan Mikrotik

Dosen IPB Pulang Kampung Latih SIswa SMK BK 5 Teras Jaringan Mikrotik

 Dosen IPB Pulang Kampung Latih SIswa SMK BK 5 Teras Jaringan Mikrotik


Penulis : ditulis kembali oleh Cahyadi (Alexa.IT.com), caption foto : cahyadi

BOYOLALI - Dosen IPB University melatih sejumlah siswa SMK Bhineka Karya (BK) 5 Teras, Boyolali, jaringan mikrotik, Rabu (27/7/2022). Pelatihan itu digelar dalam program Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) LPPM IPB University.

Para siswa mendapatkan materi membangun jaringan komputer berbasis virtual laboratorium menggunakan Graphical Network Simulator-3 atau GNS3.

Dosen Program Studi Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University, Bayu Widodo, mengatakan pelatihan ini memberikan pemahaman dan kemampuan teknis terkait jaringan komputer berbasis virtual laboratorium menggunakan GNS3.

"Kemampuan ini dibutuhkan untuk membuat topologi jaringan komputer," kata Bayu, saat ditemui wartawan di sela acara, Rabu.

Dosen Program Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB University, Nur Aziezah, menambahkan perangkat GNS3 memiliki sejumlah keunggulan yang cocok untuk para siswa SMK khususnya di Boyolali.

Sebab, GNS3 adalah alat pelengkap yang sangat baik untuk laboratorium nyata bagi network. "Aplikasi ini dapat diinstal dengan mudah di laboratorium karena multiplatform," sambung dia.

Dia menjelaskan ke depan, pengembangan strategi pembelajaran untuk memperkuat kompetensi para peserta didik khususnya di lingkungan pendidikan vokasi digelar melalui teaching factory atau TEFA.

Tefa merupakan model pembelajaran di SMK dengan konsep layaknya pekerjaan yang ada di dunia industri. Proses pembelajaran digelar terpadu berorientasi pada tindakan dalam lingkungan belajar di sekolah.

"Pembelajaran di sekolah yang berorientasi TEFA dapat memadukan model yang sudah ada Competency Based Training [CBT], model Production Based Training [PBT]. Peserta didik akan memiliki pengalaman belajar yang lebih riil dengan mengutamakan penguasaan kompetensi," ujar Aziezah.

Sementara itu, Program Dospulkam LPPM IPB University bertujuan mendorong proses alih teknologi, ilmu pengetahuan dan seni sesuai dengan urgensi kebutuhan masyarakat dan kelestarian sumber daya alam.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.