News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor UNS : KKN Mewujudkan SDM UNS yang Unggul dan Utuh Melalui Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Rektor UNS : KKN Mewujudkan SDM UNS yang Unggul dan Utuh Melalui Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Rektor UNS : KKN Mewujudkan SDM UNS yang Unggul dan Utuh Melalui Program Merdeka Belajar - Kampus

Penulis : Eko Prasetyo (alexa.IT.com)

SOLO - Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho, SH menyatakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mewujudkan SDM UNS yang unggul dan utuh melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dapat terealisir melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata seperti ini. Apalagi KKN MBKM kali ini memboyong 157 Dosen Pembimbing Lapangan dan mengikutsertakan 3.627 mahasiswa, yang telah dan akan diterjunkan ke daerah melalui berbagai program, a.l.

a.   Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP dan FKOR, sebanyak 1.528 mhs; SMART Village Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggl dan Transmigrasi, sebanyak 140 mhs;

b.   MBKM UNS sebanyak 84 mhs;

c.   KKN Kebangsaan Program MBKM di Provinsi Palangkaraya, sebanyak 5 mhs;

d.   KKN Reguler, sebanyak 1.875 mhs;

e.   Data Desa Presisi, diikuti sebanyak 225 mhs, terdiri dari 195  mhs UNS dan 30 mhs IPB,  yang sudah diberangkatkan lebih awal pd tgl 4 Juli 2022.

Prof Jamal niat baik pimpinan UNS yang saat ini sedang berusaha mentransformasikan Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM menjadi tema Project Based Learning yang bisa dilakukan oleh para dosen pembimbing lapangan,dapat menjadi role model menu aktifitas MBKM dimasa mendatang, dan sekaligus dapat merekognisi menjadi 20 sks.

Lebih lanjut Ia mengatalan kehadiran para dosen dan mahasiswa UNS yang hebat melalui program KKN Tematik ini diharapkan mampu memotivasi, mengedukasi dan sekaligus mendorong tumbuhnya potensi masyarakat dan daerah di 16 Kota/Kabupaten daerah tujuan KKN Tematik kali ini. Karena sesungguhnya hakikat pendidikan adalah untuk memartabatkan kehidupan dan memanusiakan manusia.

Sejarah telah mencatat bahwa kalangan muda di Indonesia sebagai kalangan terpelajar yang telah telah terbukti berhasil menggerakkan perjuangan bangsa. Peran mahasiswa layaknya seperti Guardian of Value, yakni sosok yang mampu menjaga nilai-nilai kebaikan yang ada di masyarakat. Nilai-nilai seperti kejujuran, gotong royong, empati, integritas dan sebagainya adalah hal yang harus dipertahankan keberadaannya di masyarakat. Dan mahasiswalah yang sangat tepat menjaga dan meneladani nilai-nilai tersebut.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.