News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Simpon Berbagi Qurban Dimasa Liburan Sekolah

Simpon Berbagi Qurban Dimasa Liburan Sekolah

 Simpon Berbagi Qurban Dimasa Liburan Sekolah 

Penulis : Eko Prasetyo (alexa.IT.com)

SOLO - Masa liburan sekolah masih berlangsung hingga 12 Juli 2022. SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tetap melaksanakan Qurban di tanggal 10 Dzulhijjah 1443 H atau bertepatan dengan 9 Juli 2022. Selain karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, sekolah memberi kesempatan guru untuk menjalankan salah satu kode etik guru, yakni kompetensi sosial. Hal ini dicerminkan dengan ikut berperannya para guru SMP Muhammadiyah 1 Surakarta pada prosesi Qurban di lingkungan mereka tinggal. Contohnya untuk menjaga kebersamaan dalam Idul Adha ini sebagian besar lingkungan tempat tinggal guru yang heterogen dan untuk menjembatani perbedaan Hari Raya Idul Adha,maka beberapa daerah melaksanakan Qurban pada 10 Juli 2022 atau dilaksanakan di hari pertama tasrik. Maka SMP Muhammadiyah 1 Surakarta memberikan kesempatan kepada para guru untuk dapat ikut membantu menjadi panitia qurban di kampungnya. Sehingga para guru tidak hanya turut membangun semangat manfaat di lingkungan sekolah, tetapi juga masyarakat di sekitarnya.


"Tahun ini SMP Muhammadiyah 1 Surakarta berqurban 1 ekor sapi. Penyembelihan dilaksanakan di Rumah Potong Hewan, dengan petugas penyembelih tetap dari sekolah. Sapi yang telah disembelih di rumah potong hewan telah dibagi menjadi beberapa bagian, telah dikuliti, dan organ dalamnyapun telah dibersihkan," ungkap Humas SMPMuhammadiyah 1 Solo Frida di tempat, Minggu (10/7) Tentu saja hal tersebut membuat pelaksanaan Qurban lebih cepat, karena telah ditangani ahli potong hewan, dan lebih higienis karena organ dalam dicuci dengan bersih. Maka daging hewan yang telah tiba di sekolah, sudah berupa potongan besar dan bersih dari bulu. Guru yang telah dibagi tugasnya sesuai kepanitian,  tinggal memisahkan dari tulangnya, memotong-motong, dan dibungkus dan dibagi sesuai target yang dibagikan.


Menurut Ketua Panitia Qurban Ustadz Isa Alfajri, Lc, M.Pd, “Qurban kali ini dibungkus menjadi 208 Paket  dan dibagikan dikalangan guru, lingkungan guru, lingkungan sekolah seperti RW dan RT setempat, pedagang kaki lima, dan Dhuafa di sekitar sekolah.” Perwakilan RW dan Dhuafa yang hadir mengucapkan rasa terima kasihnya karena mendapat kesempatan merayakan Hari Raya Idul Adha bersama SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.  


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.