News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tim MBKM HM Pelita UNS Inisiasi Bank Sampah di Desa Kragan, Kabupaten Karanganyar

Tim MBKM HM Pelita UNS Inisiasi Bank Sampah di Desa Kragan, Kabupaten Karanganyar

 Tim MBKM HM Pelita UNS Inisiasi Bank Sampah di Desa Kragan, Kabupaten Karanganya


penulis : eko Prasetyo (alexa.IT.com), caption foto : istimewa

SOLO - Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita) UNS menginisiasi pembuatan bank sampah di Desa Kragan, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Mereka tergabung dalam Tim Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNS. Pembuatan Kegiatan ini telah berlangsung sejak April hingga Juli 2022.

Naufal Rastra selaku Ketua Tim MBKM HM Pelita UNS mengungkapkan bahwa melalui bank sampah ini dapat menjadi upaya bagi Desa Kragan bebas dari sampah. 

“Selain itu, warga dan Karang Taruna Desa Kragan bisa menambah penghasilan dari sampah yang dikumpulkan ke Bank Sampah Desa Kragan. Masyarakat yang mengumpulkan sampah di bank sampah disebut sebagai nasabah. Nasabah akan memiliki buku tabungan dan memiliki saldo dari hasil pengumpulan sampah yang memiliki nilai jual. Sampah yang memiliki nilai jual contohnya sampah plastik, botol kaca, dan karung semen,” jelasnya saat diwawancarai uns.ac.id, Kamis (7/7/2022).

Proses pendirian dan pengelolaan Bank Sampah Desa Kragan juga melibatkan masyarakat setempat, terutama karang taruna dari setiap dusun. Tidak hanya memilah sampah yang bernilai jual saja, tetapi mereka juga melakukan sosialisasi ke sekolah dasar di Desa Kragan. Tujuan dari sosialisasi tersebut untuk membangun kesadaran kepada siswa SD tentang bagaimana cara memilah sampah yang benar. 

“Pembuatan Bank Sampah di Desa Kragan menjadi salah satu langkah awal untuk mendukung gerakan anti sampah yang sudah berjalan di berbagai desa. Semoga, program terkait gerakan anti sampah dapat diimplementasikan oleh seluruh masyarakat. Pemanfaatan kembali sampah rumah tangga ini guna meningkatkan kebersihan dan menambah penghasilan bagi warga desa,” imbuh Naufal.

Pembuatan bank sampah yang dilakukan pada Senin (16/4/2022) ini disambut baik oleh perangkat desa dan seluruh masyarakat Desa Kragan.

“Kami mendukung segala kegiatan positif yang berhubungan dengan desa,” ujar Kepala Desa Kragan, Widada, 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.