News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelayanan Paripurna Rumah Sakit Muhammadiyah Untuk Negeri

Pelayanan Paripurna Rumah Sakit Muhammadiyah Untuk Negeri

 Pelayanan Paripurna Rumah Sakit Muhammadiyah Untuk Negeri


Penulis : Eko Prasetyo (Alexa.IT.com), caption foto : eko prasetyo

SOLO - Menyambut Muktamar Muhammadiyah KE-48, Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah 2022 menggelar acara silaturahmi bersama dan Pencanangan Bakti RSMA Untuk Negeri. Kegiatan dibuka secara simbolis oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. Acara silaturahmi berlangsung di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu, (10/8).


Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si menuturan, kegiatan silaturahim Nasional MPKU Muhammadiyah 2022 bertujuan untuk mengakselerasi peran dan tugas Muhammadiyah bagi kesehatan masyarakat bangsa. Peningkatkan peran rumah sakit Muhammadiyah dilakukan dari mulai daerah perkotaan sampai daerah terpencil. Hal tersebut dilakukan demi memberikan pelayanan yang maksimal.

“Untuk itu, kami saat ini sedang melakukan konsolidasi agar rumah sakit kami yang menengah bawah bisa naik ke menengah atas, yang atas bisa naik sampai ke paripurna. Dengan begitu kami bisa membantu kesehatan masyarakat,” ujarnya.  

Lanjut Haedar, saat ini masyarakat masih perlu digerakkan dalam hal budaya hidup sehat. Budaya hidup sehat dan lingkungan yang sehat dapat ditingkatkan melalui peran organisasi keagamaan. Dengan pendekatan keagaman, Haedar meyakini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk menerapkan hidup sehat.


“Jika bangsa itu sehat masyarakatnya, insya Allah akan jauh lebih maju. Ini juga sekaligus sebagai misis dakwah pergerakan Muhammadiyah untuk mencerahkan dan membangaun kehidupan bangsa,” ucapnya.

Beberapa topik penting yang dibahas dalam kegiatan silaturahmi tersebut diantaranya membahas tentang Refleksi Pelayanan Kesehatan AUK Muhammadiyah menuju Indonesia Tangguh dan Refleksi Program MPKU PP Muhammadiyah untuk Muktamar ke-48. Selain itu, Rumah Sakit Muhammadiyah juga memperluas kerja sama dengan berbagai elemen pemerintah dan instansi dalam berbagai bidang. Diantaranya Penandatanganan MoU MPKU PPM dengan Admedika dan PT. Telkom.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P menambahkan, pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) salah satu sektornya adalah kesehatan. Perlu ada transformasi kesehatan yang mengarah pada modernisasi digitalisasi pelayanan. Dengan demikian dapat membuka kesempatan dan ruang untuk kesehatan masyarakat yang lebih luas.


“Kami juga berharap kedepan pelayanan  kesehatan dari Muhammadiyah dapat lebih terstruktur dari bawah sampai atas, dengan cara memperbanyak membuka buka klinik kesehatan dan atau memberikan penyuluhan kelas khusus bagi masyarakat untuk meningkatkan budaya hidup sehat,” ujarnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.