News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Implementasi Pidato Berbahasa Jawa sebagai Bentuk Penguatan Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru SMP

Implementasi Pidato Berbahasa Jawa sebagai Bentuk Penguatan Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru SMP

 Implementasi Pidato Berbahasa Jawa sebagai Bentuk Penguatan Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru SMP 


Penulis : ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexa.IT.Com), 

SOLO - Implementasi Pidato Berbahasa Jawa sebagai Bentuk Penguatan Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru SMP di Kecamatan  Ngaryoso Kabupaten Karanganyar merupakan program Pengabdian kepada Masyarakat Hibah Grup Riset PUI Javanologi UNS Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian PUI Javanologi UNS diketuai oleh Dr. Basuki Sumartono, M.Sn., Drs. Sutarjo, M.Hum., dan Deniawan Tommy Candra Wijaya, S.Sos., M.I.Kom.

Prof Sahid Teguh Widodo, M.hum, Ph.D yang juga Pakar Javanologi mengemukakan, Pidato berbahasa Jawa merupakan cara seseorang berketerampilan khusus dalam sastra dan bahasa Jawa yang mampu membawakan acara-acara di lingkungan masyarakat Jawa, seperti pengantin (temanten), kematian (kesripahan), pertemuan (pepanggihan), perjamuan (pasamuan), pengajian (pengaosan), pentas, dan sebagainya. 

"Permasalahan yang terjadi saat ini, antara lain (1) Guru bahasa Jawa masih ada yang belum menguasai teknik berpidato bahasa Jawa sesuai kaidah yang benar; (2) Guru bahasa Jawa SMP di Kecamatan Ngargoyoso belum semua menguasai olah basa lan sastra Jawa dalam berpidato bahasa Jawa; (3) Belum semua guru bahasa Jawa SMP di Kecamatan Ngargoyoso mengetahui dan memahami paramasastra (fonologi, morfologi, semantik, sintaksis), wacana, dan pragmatik bahasa Jawa; (4) Tidak semua guru bahasa Jawa SMP di Kecamatan Ngargoyoso menguasai Hamicara (Public Speaking); (5) Tidak semua guru bahasa Jawa SMP di Kecamatan Ngargoyoso memiliki kepercayaan diri dalam berpidato berbahasa Jawa," ungkap Prof Sahid, Sabtu (10/9).


Metode pelaksanaan yang digunakan, menurut Pakar Javanologi, adalah dengan menggunakan metode Latihan/praktek, simak dan e-learning dimana perencanaan kegiatan diharapkan dapat menjawab kemampuan pidato berbahasa Jawa bagi guru-guru SMP di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Rencana pelaksanaan kegiatan program meliputi (1) Membuat video tutorial tentang contoh pidato berbahasa Jawa sebagai bahan materi e-learning; (2) Melakukan kursus/pelatihan pidato berbahasa Jawa dengan menghadirkan pakar; (3) Melakukan pendampingan dalam pelatihan berpidato berbahasa Jawa hingga cakap; dan (4) Melakukan evaluasi secara bertahap. 

Javanolog Prof Sahid mengatakan, workshop Implementasi Pidato Berbahasa Jawa sebagai Bentuk Penguatan Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru SMP di Kecamatan Ngaryoso Kabupaten Karanganyar dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 September 2022 di Gedung R.Ng. Ranggawarsita PUI Javanologi UNS. Pemateri pertama adalah Drs. Sutarjo, M.Hum., dengan materi Paramasastra Jawa dan Kasusastraan Jawa, Medhar Sabda dan Ngrumpaka, Tembang dan Gending Jawa. Pemateri kedua adalah Fajar Satriadi, M.Sn. dengan materi Tata Busana Jawa, Upacara Adat Jawa, Kepribadian Budaya jawa dan Paragan Pambiwara.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.