News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelamar Pegawai Non-PNS UNS Ikuti Tes Kemampuan Dasar

Pelamar Pegawai Non-PNS UNS Ikuti Tes Kemampuan Dasar

 


Pelamar Pegawai Non-PNS UNS Ikuti Tes Kemampuan Dasar

ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexa.IT.com)

SOLO-- Ratusan pelamar pegawai Non-PNS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD). TKD dilaksanakan secara luring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (20/9/2022).


Dalam TKD tersebut, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) UNS, Prof. Bandi dan Kepala Biro Umum dan SDM UNS, Mustikawati Endah Setyandari, M.Si. meninjau langsung pelaksanaan TKD di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa rekrutmen pegawai Non-PNS UNS ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesesuaian jumlah antara dosen dan mahasiswa. “Sudah saya sampaikan Pak Bandi selaku Wakil Rektor Umum dan SDM bahwa standar rekrutmen SDM harus disesuaikan dengan standar rekrutmen CPNS. Jadi ada TKD, TKB dan wawancara dengan prosedur disesuaikan dengan rekrutmen CPNS. Sehingga masyarakat tau bahwa dalam rekrutmen SDM kita transparan,” terang Prof. Jamal.


Prof. Jamal berharap dengan adanya rekrutmen pegawai ini mampu mengisi kekurangan pegawai di UNS baik dosen maupun tenaga kependidikan. “Kita sudah membuat persyaratan yang kita butuhkan, semoga dengan rekrutmen ini rasio jumlah dosen dan mahasiswa bisa terpenuhi,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Umum dan SDM UNS, Prof. Bandi menambahkan, kebutuhan pegawai ini didasarkan pada analisis jabatan dan beban kerja. “Dari situ kita tahu berapa kebutuhannya. Untuk dosen kami utamakan lulusan S-3, sedangkan untuk tenaga kependidikan sesuai dengan analisis jabatan,” ujar Prof. Bandi.


Prof. Bandi menekankan bahwa proses rekrutmen pegawai Non-PNS UNS dilakukan dengan transparan. 


Dimulai dengan pengumuman dan pendaftaran yang diumumkan di laman UNS pada tanggal 21-24 Agustus 2022. Lalu unggah dokumen pada tanggal 21-25 Agustus 2022. Jumlah pelamar yang masuk sebanyak 5.166 orang. Kemudian diverifikasi yang lolos sebanyak 4.940 pelamar. “Setelah itu proses pengisian data, dari 4.940 pelamar, hanya 1.195 yang melakukan pengisian data. Kemudian diverifikasi lagi yang lolos 704 pelamar. Dan pada tanggal 27 Agustus hingga 2 September dilakukan validasi dan yang lolos untuk mengikuti TKD hari ini (Senin (20/9/2022)-red) sebanyak 248 orang dengan rincian 129 pelamar dosen dan 119 pelamar tenaga kependidikan,” terang Prof. Bandi.


Hasil TKD akan diumumkan pada 27 September mendatang. Bagi yang lolos TKD, akan mengikuti Tes Kemampuan Bidang (TKB) yang dijadwalkan pada tanggal 3 Oktober 2022. “Setelah itu ada tes wawancara. Ini penting terlebih dosen kan harus mengajar, jadi kita wawancara dulu bagaimana nanti dia membawa prodi menuju unggul. Proses rekrutmen memang panjang karena kita mengedepankan ketelitian supaya kualitas rekrutmen bagus serta kualitas Non-PNS yang diterima juga bagus,” pungkas Prof. Bandi. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.