News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemilihan Rektor UNS, Pakai Demokrasi Gaya UNS

Pemilihan Rektor UNS, Pakai Demokrasi Gaya UNS

 

Pemilihan Rektor UNS, Pakai Demokrasi Gaya UNS


 Penulis : Eko Prasetyo (Alexa.IT.com)

            SOLO – Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret, Marsekal (Purn) Dr. (HC) Hadi Tjahjanto, S.IP  mengemukakan, Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan pengelolaan Perguruan Tinggi sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum, “ sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Sebelas Maret ,” ungkap Hadi yang dipancar melalui zoom, Selasa (27/9).

            Lebih lanjut Hadi menjelaskan seperti tercantum pada Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2020 dalam waktu maksimal 3 bulan sebelum akhir masa jabatan rector yang sedang menjabat maka UNS akan segera melaksanakan Hajat Rangkaian Kegiatan Pemilihan Rektor. "Pemilihan Rektor UNS, Pakai Demokrasi Gaya UNS." tandas Marsekal (Purn).Dr. Hadi. 

Dijelaskan, Majelis Amanat (MWA) adalah organ yang berwenang untuk melakukan pengangkatan dan pemberhentian rector sesuai dengan peraturan yang berlaku. Disamping itu, MWA juga mengedapankan aspek kebersamaan, maka MWA menetapkan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) yang didukung adalah dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa sebagai tim teknis.

            MWA juga telah membentuk Panitia Pengawas untuk P3CR yang melibatkan 3 organ di UNS yaitu Senat Akademik. Pimpinan dan Dewan Profesor. Selanjutnya pada proses penjaringan juga aka nada dua sesi panel yang melibatkan seluruh organ UNS.

            Dengan instrument dan perangkat-perangkat yang ada seperti disebutkan tadi diharapkan hajat besar pemilihan Rektor ini dapat berjalan dengan tertib, taat aturan serta transparan. “Mengingat ini adalah gawe atau pekerjaan besar yang luar bia dan baru pertama kali dilaksanakan oleh UNS,” ungkap Ketua MWA UNS.


Tahapan pemilihan Rektor menurut Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, meliputi :

a.    Sosialisasi pemilihan Rektor (27 – 30 September 2022, termasuk memanfaatkan perangkat media massa dan media social).

b.    Penjaringan Bakal Calon Rektor (3 – 10 Oktober 2022).

c.    Penjaringan Bakal Calon Rektor yang meliputi verifikasi berkas pendaftaran (12 – 14 Oktober 2022), pemaparan visi dan misi Bakal Rektor (16-17 Oktober 2022).

d.    Pemilihan calon Rektor oleh MWA (20 Oktober 2022). Pemaparan visi dan misi Calon Rektor (27-28 Oktober 2022).

e.    Rapat pleno MWA dengan agenda pemilihan Rektor (11 November 2022) dan

f.     Pelantikan Rektor (10-11 April 2023).

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.