News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tim Mobil Listrik UMS Akan ikuti Pertamina Mandalika International Street Circuit Lombok

Tim Mobil Listrik UMS Akan ikuti Pertamina Mandalika International Street Circuit Lombok

 Tim Mobil Listrik UMS Akan ikuti Pertamina Mandalika International Street Circuit Lombok


Ditulis oleh Eko Prasetyo (Alexa.IT.com)

SUKOHARJO - Mobil listrik Tim ECRC dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bernama Ababil Evo III akan mengikuti kompetisi internasional mobil hemat energi Shell Eco marathon 2022 yang akan diselenggarakan pada tanggal 11-15 Oktober 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit Lombok, Nusa Tenggara Barat.


Rektor UMS. Prof Dr. Sofyan Anief mengemukakan mobil listrik Ababil Evo III merupakan mobil hemat energi yang dirancang untuk mengikuti perlombaan dalam katagori prototype. " Ababil Evo III ," dirancang melalui riset dan penelitian dengan mengikuti perkembangan teknologi pada setiap tahunnya," ungkap Prof Sofyan, di Lantai II Gedung Bundar UMS, Kampus UMS, Sukoharjo, Jumat (30/9).

Sementara itu, menurut Dosen Teknik Mesin Ir. Muhammad Alfatih Hendrawan, ST, MT selaku dosen pembimbing, Ababil Evo III memiliki rancangan Battery Li-ion dengan kapasitas 840 Wh dan rasio konsumsi sebesar 265.2 km per 1 kWh yang menggunakan motor penggerak yaitu Motor Brushbless DC 350W 45V.  Untuk saat ini, menurutnya, pengembangan mobil listrik terus dilakukan hingga race berlangsung. 


Alfatih mengemukakan, Ababil Evo III berasal dari mobil listrik sebelumnya yang bernama Ababil Evo II yang telah diperbarui dan diperbaiki lebih baik lagi. Sehingga telah menjadi andalan bagi ECRC UMS Team. "Perubahan terdapat pada bagian bodi yang lebih aerodinamis serta berat mobil yang sebalumnya memiliki berat 60,5 kg menjadi 56 kg. Perubahan juga terdapat pada pembaharuan bagian pengereman menjadi hidrolik dan visibilitas mobil yang lebih jelas. Pada bagian elektrikal mobil ditambahnya sensor arus, tegangan dan sensor kecepatan.

Perlombaan Shell Eco Marathon 2022 merupakan kompetisi yang menantang para mahasiswa perguruan tinggi berbagai negara untuk berinovasi, merancancang dan membangun kendaraan paling hemat energi.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.