News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PUI Javanologi Pagelaran Karya Cipta Tari Daerah dan Awarding Night International Festival Beksan Swarasanta 2022

PUI Javanologi Pagelaran Karya Cipta Tari Daerah dan Awarding Night International Festival Beksan Swarasanta 2022

 PUI Javanologi Pagelaran Karya Cipta Tari Daerah dan Awarding Night International Festival Beksan Swarasanta 2022



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com), foto ; Eko Prasetyo

SOLO - Pusat Unggulan Institut Javanologi Universitas Sebelas Maret mementaskan Pagelaran Karya Cipta Tari Daerah dan Awarding Night International Festival Beksan Swarasanta 2022, Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (7/10) malam. Acara dibuka oleh Wakil Rektor I UNS Prof Ahmad Yunus didampingi Kepala PUI Javanologi UNS. Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D.

Prof Sahid mengatakan kedua acara merupakan implementasi dan eksplorasi kekayaan budaya Indonesia yang ditopang oleh pilar-pilar kokoh seni budaya daerah, khususnya budaya Jawa.


Sementara itu, Wakil Rektor I UNS mengatakan  Menari merupakan rangkaian gerakan ritmis dan teratur yang mengolah fisik secara sehat dan menumbuhkan perasaan yang kuat sebagai media terapi (Dance Movement Therapy) untuk mendukung fungsi kognitif, afektif, dan psiko-motorik manusia sehingga sangat tepat dimanfaatkan untuk menuingkatkan imunitas mental dan kesehatan.


Menurut Prof Ahmad Yunus, Universitas Sebelas Maret mengambil peran strategis dengan mengembangkan dan memajukan kebudayaan – khususnya Jawa, yang secara konsisten mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia sesuai potensi keunggulan dalam bingkai Kebhineka Tunggal Ikaan. Menyadari akan hal tersebut, Pusat Unggulan Ipteks Javanologi UNS tampil ke depan memberikan pendampingan kepada daerah, dalam hal ini adalah kabupaten Grobogan, Magetan, Sragen, dan komunitas budaya di Surakarta mengkreasi sebuah program Tari Internasional dan program karya cipta tari khas daerah berdasarkan folklore unggulan. Kedua Program ini dapat menjadi sarana eksplorasi dan promosi potensi unggulan seni dan budaya daerah. Selain itu, Program Pengembangan Kebudayaan ini juga membuka peluang kerjasama dalam bidang seni dan budaya baik nasional maupun internasional.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.