News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor UNS Resmikan Orchidarium di FMIPA

Rektor UNS Resmikan Orchidarium di FMIPA

 Rektor UNS Resmikan Orchidarium di FMIPA


Ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexa.IT.com). caption foto : istimewa

SOLO-Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho meresmikan rumah anggrek atau Orchidarium di  Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Peresmian tersebut berlangsung pada Sabtu (1/10/2022) yang bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke-26 FMIPA UNS.

Rumah anggrek ini didirikan sebagai tempat bernaung anggrek, terutama anggrek lokal atau endemik Indonesia. Tanaman ini memiliki keterancaman yang cukup tinggi karena tingginya alih fungsi lahan dan perburuan tanaman hias. Hal tersebut dapat ditekan melalui konservasi dan budi daya yang dilakukan oleh FMIPA melalui pendirian rumah anggrek ini. 

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengapresiasi dan menyambut baik pendirian rumah anggrek ini. “Semoga dengan adanya rumah anggrek ini dapat menjadi wujud kontribusi FMIPA dan UNS dalam konservasi tanaman anggrek. Saya berharap, kita semua ikut berkontribusi dalam perbanyakan dan perakitan hibrida-hibrida unggul anggrek dari ancaman kepunahan,” tutur Prof. Jamal.


Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Rektor UNS yang didampingi Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, Ph.D. serta jajaran pimpinan universitas. Selain itu, turut hadir pula Perwakilan Bank Jateng sebagai instansi mitra dalam pembangunan taman anggrek ini. Seusai pemotongan pita, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tanaman anggrek jenis dendrodium discolor secara simbolis dari Bank Jateng kepada Rektor UNS, selanjutnya diteruskan kepada Dekan FMIPA UNS untuk dirawat dan dipelihara. 

“Orchidarium didirikan sebagai upaya melengkapi komitmen FMIPA dan UNS sebagai green campus. Keberadaan taman anggrek ini tidak sekadar menjadi tempat bernaungnya anggrek spesies Indonesia, akan tetapi menjadi bagian dari upaya fakultas dalam konservasi dan pelestarian varietas anggrek unggul,” tutur Harjana.

Lebih lanjut, Harjana berkomitmen akan merawat anggrek-anggrek tersebut, terlebih FMIPA memiliki kapasitas  dan kualitas SDM untuk pengembangan dan konservasi anggrek lokal Indonesia.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.