News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

RS PKU SOLO PEDULI LANSIA SEHAT

RS PKU SOLO PEDULI LANSIA SEHAT

 RS PKU SOLO PEDULI LANSIA SEHAT


ditulis kembali eko prasetyo (Alexainfoterkini,com) , foto : Eko Prasetyo

SOLO - RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan  BAKTI UNTUK NEGERI “Peduli Lansia Sehat” Kelurahan Timuran Banjarsari di Taman Parkir Karyawan RS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam rangka sambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 dan memeriahkan Milad ke-95 RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (15/10).

Sebanyak 108 lansia dari perwakilan 5 RW Kelurahan Timuran Banjarsari  mulai datang ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta sejak Pukul 08.00 WIB untuk dilaksanakan screening atau pemeriksaan tensi, berat badang, cek darah sederhana (asam urat, gula darah dan kolesterol) oleh petugas RS untuk memastikan kesehatan para lansia, untuk kemudian dilanjutkan dengan senam anti stroke yang dilakukan untuk dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, dan penyuluhan kesehatan bersama dr. Retno Suryaningsih, Sp.PD-KGH (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS PKU Muhammadiyah Surakarta) dengan tema tentang HIPERTENSI. 


Dalam paparannya dr. Retno menyampaikan bahwa resiko tertinggi terkena penyakit hipertensi adalah karena factor keturunan genetik, gaya hidup tidak sehat, kegemukan, kolesterol tinggi, perokok, peminum alcohol, dan konsumsi garam berlebih. Pentingnya bagi para penderita hipertensi hendaknya menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga rutin dan diet yang seimbang, pengelolaan stress, pantang alcohol dan rokok, pembatasan natrium garam, kontrol rutin ke dokter dan konsumsi obat sesuai anjuran dokter. 

Acara yang diselenggarakan hari ini selain merupakan rangkaian dari kegiatan BAKTI UNTUK NEGERI Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam rangka Sambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 yang digerakkan oleh semua Klinik dan RS Muhammadiyah-Aisyiyah Seluruh Indonesia, dan juga sebagai bentuk kepedulian dari RS PKU Muhammadiyah Surakarta kepada bina lingkung warga lansia sekitar rumah sakit yang merupakan “tetangga” rumah sakit agar tetap sehat dan waras, bekerja sama dengan Puskesmas Setabelan Banjarsari dan Paguyuban Seger Waras yang menaungi aktifitas kegiatan lansia di Kelurahan Timuran Banjarsari Surakarta. Hadir dalam acara ini Bapak Suyanto selaku Ketua Paguyuban Seger Waras dan Bapak Yusuf selaku Penanggung Jawab Program Lansia Puskesmas Setabelan Banjarsari, Pengurus Harian MPKU-PS PDM Kota Surakarta, dan Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta beserta jajarannya.


Dalam sambutannya, dr. Mardiatmo, Sp.Rad selaku Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Surakarta yang diwakili oleh Puskesmas Setabelan dan Kelurahan Timuran yang senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dengan program pemerintah yang berorientasi pada “Waras Wargane Kutha Sala”. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut Muktamar Muhammadiyah ‘Aisyiyah ke-48 yang akan digelar di Kota Solo tanggal 18-20 November 2022 sekaligus memeriahkan Milad RS PKU Muhammadiyah Surakarta ke-95 yang jatuh pada tanggal 18 November 2022..

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.