News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta raih Penghargaan Lembaga Pedidikan Pengkaderan Berperan dan Berpengaruh Bagi Muhammadiyah

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta raih Penghargaan Lembaga Pedidikan Pengkaderan Berperan dan Berpengaruh Bagi Muhammadiyah

 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta raih Penghargaan Lembaga Pedidikan Pengkaderan Berperan dan Berpengaruh Bagi Muhammadiyah


ditulis kembali oleh eko prasetyo (AlexaInfoterkini.com), foto : istimewa

 SOLO- SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjargon sekolah Kader Bangsa, mampu menunjukkan kesesuaian jargonnya dengan diraihnya penghargaan dari Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinaan Pusat (PP) Muhammadiyah.  Penghargaan sebagai Lembaga Pendidikan  Pengkaderan yang berperan dan berpengaruh bagi Persyarikatan Muhammadiyah ini disampaikan pada Rapat koordinasi nasional di Universitas Muhammadiyah Malang 19 Oktober 2022. SMP Muhammadiyah 1 Surakarta merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari Kota Surakarta yang terpilih. Lembaga Pendidikan lain yang memperolah penghargaan diantaranya,    Madrasah Mualimin Yogyakarta, Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Gombara, Pondok pesantren Muhammadiyah Paciran, Pondok Pesantren Darul Arqom Garut, Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran Surakarta, dan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.


Penilaian MPK PP Muhammadiyah  berdasarkan pada lulusan yang mempu menempati posisi penting yang berguna bagi Bangsa. Sekolah ynag telah berdiri pada 1 Agustus 1952 telah meluluskan putra putri yang mampu berperan bagi nusa bangsa dan Agama. Lulusan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta diantaranya: Prof . Dr. H. Amien Rais, M.A,   yang pernah menempati posisi sebagai ketua MPR, Ketua Umum Pimpianan Pusat Muhammadiyah dan sumbangsih idenya bagi negara yang banyak. Selain itu H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum yang pernah menjadi Pimpinan Wilayah Muhammadiiyah Jawa Tengah, dan saat ini menjadi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan masih banyak lagi lulusan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang aktif menggerakkan persyarikatan Muhammadiyah.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta H. Sukidi, S.Ag, M.Pd, yang saat ini juga dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua Majelis Pendidikan Kader  Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, sering menyelipkan motivasi bermuhammadiyah di setiap pidatonya bagi peserta didik agar mampu menjadi kader Muhammadiyah yang berguna bagi nusa bangsa dan agama, serta turut membesarkan Muhammadiyah. Pengajar di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta juga cukup banyak yang berpartisipasi menjadi Kader Muhammadiyah, diantaranya Pramuserto Rahman, S.Pd. yang mendapat Amanah sebagai Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah, dan Frida Alfani Maslahah, M.Pd. yang mendapatkan amanah menjadi Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah.


Komitmen serius SMP Muhammadiyah 1 Surakarta untuk mencetak kader Muhammadiyah juga tertuang pada Program-programnya, seperti Program Unggulan, Program Khusus, Program Khusus Olahraga, dan Muhammadiyah Boarding School (MBS) Hamka. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.