News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bantu Anak-Anak Belajar, HMP Demokratia UNS Laksanakan Civic Mengajar

Bantu Anak-Anak Belajar, HMP Demokratia UNS Laksanakan Civic Mengajar

 

Bantu Anak-Anak Belajar, HMP Demokratia UNS Laksanakan Civic Mengajar


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com), foto : istimewa.



— Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HMP Demokratia) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan Civic Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto 2 Surakarta pada 14 Juli 2022 hingga Desember 2022 mendatang.

Kegiatan ini mengusung tema “Gerakan Belajar untuk Membangun Generasi Emas” yang diikuti oleh anak-anak yang berada di sekitar lingkungan SMK Cokroaminoto 2 Surakarta dengan rentang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD).

Civic Mengajar dilaksanakan dengan tujuan melatih mahasiswa untuk terjun ke masyarakat dalam dunia pendidikan dan mendapatkan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku perkuliahan. Hal ini disampaikan oleh Asyiva Rizki Schumi selaku penanggung jawab kegiatan.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut yaitu melatih mahasiswa PPKn menjadi calon guru, menambah pengalaman mahasiswa dengan berbagai pengetahuan di luar pembelajaran kampus, dan membantu anak-anak memahami materi pelajaran yang diperoleh di sekolah,” jelasnya, Rabu (30/11/2022).

Pembelajaran pada kegiatan tersebut dimulai dengan memberikan materi mengenai agama kemudian dilanjutkan dengan materi pengetahuan umum.

“Rangkaian kegiatan diawali dengan membaca surat-surat pendek di Al qur`an secara bersama-sama. Kemudian, Adik-adik TPA membaca iqro’ atau Al qur`an dengan mahasiswa PPKn. Terakhir memberikan materi. Materi yang diberikan pada minggu pertama hingga ketiga adalah materi agama, lalu minggu terakhir adalah materi umum,” katanya.

Asyiva menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah memenuhi target yang ditentukan oleh panitia.

“Target santri yang mengikuti kegiatan ini sudah terpenuhi, di mana target awal dari kegiatan yaitu 40, sementara santri yang mengikuti kegiatan ini mencapai 45,” papar Asyiva.

Asyiva berharap kegiatan ini dapat memberikan gambaran bagi mahasiswa PPKn mengenai seni mendidik di kehidupan yang sesungguhnya.

“Harapan dari adanya kegiatan ini yaitu mahasiswa dapat lebih memahami bahwa menjadi guru harus sabar dan mampu memahami karakter setiap peserta didiknya agar dapat memberikan pembelajaran dengan baik sesuai kebutuhan siswa. Kemudian, diharapkan kegiatan Civic Mengajar ini dapat memberikan suasana dan ilmu baru bagi anak-anak di sekitar SMK Cokroaminoto 2 Surakarta karena pengajar yang hadir setiap minggunya berbeda,” pungkasnya. 






Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.