News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dua Tim FKIP UNS Sukses Meraih Prestasi Dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Dua Tim FKIP UNS Sukses Meraih Prestasi Dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

 

Dua Tim FKIP UNS Sukses Meraih Prestasi Dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional



ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (AlexaInfoterkini.com),foto : Istimewa

SOLO -  Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh dua tim mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Mahasiswa FKIP se-Indonesia. Tim pertama yakni Iksan Riva Nanda dan Andrian Iswanto dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM) berhasil meraih juara 1. Kemudian Karima Majid dan Rizka Aulia Putri dari Prodi Pendidikan Kimia berhasil meraih juara 2.

Kompetisi ini digelar secara daring di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengusung tema “Peran Generasi Milenial dalam Meningkatkan Potensi Berkarakter dan Berdaya Saing di Era Metaverse”. Atas pencapaian ini, Iksan mengungkapkan bahwa prestasi yang diperoleh seperti yang diharapkannya.

“Seperti yang diharapkan dan Allah menghendaki,” kata Iksan, Rabu (2/11/2022).

Dalam kompetisi ini, Iksan dan Andrian mengusung gagasan bertajuk “Greencloud Labs: Optimalisasi Penanaman Karakter Milenial Peduli Lingkungan Melalui Inovasi Alat Pengelolaan Sampah Terintegrasi Digital”.

“Latar belakang gagasan tersebut yaitu bagaimana membuat teknologi yang dapat mempermudah dan menarik perhatian masyarakat, terutama milenial atau generasi muda saat ini dalam pengelolaan sampah dan bagaimana menanamkan karakter peduli lingkungan pada masyarakat terutama milenial atau generasi muda saat ini dengan inovasi alat karya penulis,” jelasnya.

Sementara Karima mengatakan bahwa ia bersyukur telah diberi kesempatan menjadi salah satu peserta dan memperoleh juara.

Alhamdulillah, bersyukur dapat diberi kesempatan dan dipercaya untuk dapat menjadi salah satu peserta dalam ajang ini. Dan Alhamdulillah sangat senang dan merasa bangga karena dapat menyandang juara dalam ajang ini, yang mana hal ini tidak terlepas dari dukungan orang tua, Pak Ari selaku pembimbing, dan juga beberapa pihak lainnya,” jelasnya.

Karima dan Rizka mengusung gagasan dengan judul “Ethno-Chemistry: Batik Tanah Liat Klaten dengan Pewarna Tanah Liat sebagai Konteks Pembelajaran Kimia Berbudaya”.

“Karya tulis ini, saya berusaha untuk dapat mengangkat potensi budaya ini dalam konteks pembelajaran kimia, yang mana di dalam pembelajarannya dapat diterapkan karakter nilai budaya, pengembangan potensi dan daya saing, serta dapat meningkatkan perekonomian dari sisi kewirausahaan,” jelas Karima.

Karima berpesan agar berani untuk memulai.

 “Berani memulai adalah pilihan yang tepat untuk membuktikan kemampuan kita terutama pada diri kita sendiri. Lingkungan memerlukan perhatian dari kita, oleh karena itu ide-ide kita perlu untuk disampaikan dan direalisasikan. Semangat untuk semuanya, hasil yang baik diawali dengan niat yang baik dan didukung oleh proses yang baik,” pesan Karima.  

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.