News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FP UNS Tandatangani Kerja sama dengan BBSDLP dan Dua Pusat Riset BRIN

FP UNS Tandatangani Kerja sama dengan BBSDLP dan Dua Pusat Riset BRIN

 

FP UNS Tandatangani Kerja sama dengan BBSDLP dan Dua Pusat Riset BRIN

 ditulis oleh Eko Prasetyo (AlexaInfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO— Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah jejaring kerja sama riset dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selama dua hari, jajaran Dekanat dan Senat Akademik FP UNS melaksanakan kunjungan kerja dengan sejumlah mitra. 

Mitra-mitra tersebut antara lain Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Pusat Riset Rekayasa Genetika (PRRG), serta Pusat Riset Mikrobiologi Terapan (PRMT). Instansi tersebut berada dalam naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan BBSDLP dilaksanakan pada Selasa (1/11/2022) di Bogor. Kegiatan ini dengan dihadiri langsung oleh Kepala BBSDLP, Dr. Husnain, M.P., M.Sc., beserta jajaran. Sedangkan FP UNS diwakilkan Dekan FP UNS, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si, IPM, ASEAN Eng., serta disaksiProf. Samanhudi menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya atas kunjungan kerja dan kerja sama yang terjalin antara kedua belah pihak. Beliau mengakui bahwa program MBKM membuat perguruan tinggi memerlukan mitra yang cukup banyak. Hal ini termasuk realisasi kerja sama yang dilakukan antara UNS dan BBSDLP.


“Penelitian dan publikasi yang berkualitas lebih mudah dihasilkan saat dilakukan bersama-sama. Jadi kerja sama itu penting,” ujar Prof. Samanhudi.

Menyambut acara, Dr. Husnain merasa terhormat telah dikunjungi oleh pimpinan dan Senat Akademik FP UNS. 

“Riset jadi bagian dari standardisasi. BBSDLP telah memiliki pilot project untuk pertanian presisi. Hal ini dapat menjadi wadah belajar dan contoh display teknologi yang diterapkan,” jelas Dr. Husnain

Pada kegiatan ini Dekanat dan Senat Akademik FP UNS berkesempatan untuk mengunjungi Puspita Farm 1 dan 2. Disana mereka melihat langsung teknologi pertanian presisi dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT), yaitu Smart Green House dan Indoor Vertical Farming. Kunjungan dilanjutkan ke kebun Show Window, Screen House yang berisi hidroponik dengan berbagai jenis tanaman hortikultura, dan stan Soil Sensor Kit yang merupakan alat deteksi cepat untuk mengetahui hara tanah.

Berikutnya, penandatanganan perjanjian kerja sama dilaksanakan dengan dua pusat riset BRIN yaitu PRRG dan PRMT. Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilaksanakan di Gedung Kusnoto BRIN, Rabu (2/11/2022).  


Kerja sama riset yang melibatkan PRRG dan PRMT ini dihadiri oleh puluhan sivitas peneliti BRIN. Perjanjian kerja sama riset antara FP UNS dengan OR Hayati dan Lingkungan BRIN.kan oleh Senat Akademik FP UNS.

“Kami bersama-sama akan melakukan pengembangan teknologi mikroba pertanian dan pangan fermentasi tradisional dan fungsional. Saya berharap kerja sama ini tidak terbatas selama tiga tahun seperti yang tertulis pada dokumen saja. Namun, kedepannya bisa terus dikembangan,” ungkap Kepala PRMT BRIN, Dr. Ahmad Fathoni selaku.

Kepala PRRG BRIN, Dr. Ratih Asmana Ningrum, mengapresiasi rencana kerja sama antara BRIN dan UNS. Selain itu, Dr. Ratih juga  menawarkan kerja sama program Post Doctoral bagi sivitas UNS. 

“BRIN juga memiliki program Post Doctoral, kami tawarkan bagi sivitas UNS yang baru menyelesaikan pendidikan doktor, ” jelas Dr. Ratih.   


Sambutan hangat disampaikan Prof. Samanhudi. Beliau terkesan dengan pengembangan ilmu pengetahuan yang dilakukan BRIN. Beliau akan segera menindaklanjuti serta merealisasikan kerja sama tersebut. FP UNS akan mengusahakan apa yang telah ditandatangani tidak hanya sekadar menjadi dokumen tidur.

“Kami sangat terkesan dengan apa yang dimiliki BRIN. Selain SDM peneliti yang unggul, BRIN juga memiliki peralatan laboratorium canggih yang dapat dimanfaatkan oleh pihak luar serta program post doctoral yang merupakan hal baru yang kami ketahui,” ujar Prof. Samanhudi. 



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.