News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

HMPS Manajemen Pemasaran SV UNS Gelar Talkshow Curi Start Persiapan Seleksi IISMA Edisi Vokasi

HMPS Manajemen Pemasaran SV UNS Gelar Talkshow Curi Start Persiapan Seleksi IISMA Edisi Vokasi

 

HMPS Manajemen Pemasaran SV UNS Gelar Talkshow Curi Start Persiapan Seleksi IISMA Edisi Vokasi



ditulis kembali oleh eko prasetyo (AlexaInfoterkini.com) , foto : istimewa

SOLO - Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran (HMPS MP) Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan talkshow yang berjudul Curi Start Persiapan Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting, Minggu (6/11/2022).

Acara dibuka dengan sambutan Dekan SV UNS, Drs. Santoso Tri Hananto, M.Acc., Ak. Santoso turut mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini karena sangat bermanfaat untuk persiapan mendaftar program IISMA edisi Vokasi tahun 2023.


“Kegiatan ini merupakan ide cemerlang dari rekan-rekan HMPS Manajemen Pemasaran. Kita harapkan melalui kegiatan ini dapat mengukir prestasi dengan lebih banyak lagi yang dapat diterima melalui program IISMA Edisi Vokasi tahun 2023,” ujar Santoso.

Santoso menambahkan bahwa acara ini sebagai batu loncatan ke depan untuk curi start mendaftar IISMA Edisi Vokasi tahun 2023.


Kemudian sebagai keynote speaker, Agus D. Priyanto, S.S., M.CALL selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan SV UNS menuturkan bahwa perkiraan yang akan mendaftar IISMA Edisi Vokasi tahun 2023 akan lebih besar. Tentu, hal ini menjadi tantangan tersendiri. Maka dari itu, diperlukan persiapan yang matang.“Persiapan yang pertama ialah menentukan destinasi. Destinasi yang saya maksud adalah menentukan tujuan, mengapa kamu harus ikut IISMA Edisi Vokasi tahun 2023. Kedua membuat evaluasi diri dengan mengukur kekuatan diri dan apa yang masih perlu diperbaiki. Kemudian mencari informasi yang valid dan komplet sebanyak-banyaknya. Informasi yang dicari tak hanya terkait akademik tetapi juga mengenai kebiasan orang setempat pada negara yang ingin dituju, budaya setempat, bahasa, makanan, hingga cuaca. Hal ini untuk mengurangi probabilitas culture shock,” terang Agus.

Agus menambahkan persiapan selanjutnya yakni berdiskusi dengan dosen pembimbing akademik maupun dengan seseorang yang kompeten atau para awardee IISMA Edisi Vokasi. Saat berdiskusi juga harus terbuka dengan segala saran.


“Kemudian yang tak kalah penting adalah menyiapkan berkas dengan rapi dan terorganisir. Selanjutnya mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Karena meningkatkan kemampuan berbahasa bukanlah suatu hal yang bisa dipelajari dalam waktu singkat. Juga gunakan media sosial dengan bijak. Karena para interviewer juga akan melihat sosial media kita. Jadi, gunakan sosial media untuk mengaktualisasi diri. Namun, kata kunci untuk bisa lolos program IISMA Edisi Vokasi tahun 2023 adalah merencanakan,” tukas Agus.


Dalam talkshow ini juga menghadirkan narasumber para awardee IISMA Edisi Vokasi UNS tahun 2022. Narasumber pertama mahasiswi Program Studi (Prodi) D3 Manajemen Pemasaran SV UNS, Adenia Nadira Tuzenitha. Nadira awardee IISMA Vokasi di Coventry University. Sementara narasumber kedua mahasiswa Program Studi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja SV UNS, Rifat Abhinaya Izharulhaq. Rifat merupakan awardee IISMA Vokasi di University of Nottingham.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.