News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D Terpilih Ketua APPII

Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D Terpilih Ketua APPII

Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D Terpilih Ketua APPII 

ditulis oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com), foto : istimewa

SOLO - Kepala Program Studi S3 Pendidikan IPA Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII).

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII) yang diselenggarakan pada tanggal 27-29 November 2022. Pembukaan Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII) dihadiri Ketua APPII Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. yang juga Kepala Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS Surakarta, Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pascasarjana UNS Surakarta dan Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Surakarta. 

Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII) diawali dengan pengantar dari Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. Dalam sambutannya, Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D menyampaikan bahwa saat ini yang hadir dalam acara Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII) diantaranya dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unnesa), Universitas Mataram (Unram), Universitas Pakuan Bogor, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Bengkulu, UIN Walisongo Semarang, UPGRIS Semarang, dan beberapa insitusi lainnya,” terang Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. 

Pada dasarnya, APPII merupakan kumpulan Kepala Program Studi (Kaprodi) yang ada dalam S2 Pendidikan IPA dan S3 Pendidikan IPA di seluruh Indonesia. Dengan APPII ini dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di seluruh Indonesia. Bahwa saat ini, di Indonesia belum ada asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA di Indonesia. Pembentukan APPII diharapkan ada kesamaan misi dalam pembelajaran IPA. Kedua, menjaga kualitas Pendidikan IPA supaya lebih baik. Ketiga, kedepan perlu pelaksanaan join riset dan publikasi yang bisa dikerjakan secara bersama dari institusi yang tergabung dalam APPII,” tandas Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D.


Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Surakarta memberikan sambutan pada acara Musyawarah Nasional ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII) di UNS ini. Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si yang terpilih menjadi Rektor UNS Periode 2023-2027 berpesan bagaimana APPII dapat mem-Profesorkan seluruh Kaprodi Pendidikan IPA menjadi salah satu target program kerja kedepan dan pada intinya mengapresiasi Munas ke-1 APPPI yang diselenggarakan di UNS Surakarta. 

Bahkan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS yang kini terpilih menjadi Rektor UNS Surakarta ini berharap adanya kolaboratif dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian. Pada dasarnya, keberadaan research citation menjadi upaya meningkatkan H Index dalam suatu perguruan tinggi. Selain itu, ada langkah kedepan bagaimana mengembangkan model-model pembelajaran dapat diaplikasikan secara nyata. Intinya, kolaborasi antar Perguruan Tinggi yang digabung dalam asosiasi ini penting untuk kedepannya. Kontribusi Pendidikan IPA saling memadukan dan membangun kolaborasi dengan seluruh jaringan yang ada,” terang Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si. 


Hasil akhir dari Munas ke-1 Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPII) di UNS secara aklamasi menetapkan Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. (UNS Surakarta) sebagai Ketua Umum dan Dr. Euis Nursa’adah, M.Pd (Universitas Bengkulu) sebagai Sekretaris sekaligus semua pengurus lengkapnya. Selain itu, Munas Ke-1 APPII menghasilkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) sebagai landasan operasional bagi perjalanan APPII kedepannya. Terakhir adalah penandatanganan perjanjian kerjasama antar program studi oleh kepala program studi Pascasarjana Pendidikan IPA yang tergabung dalam APPII.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.