News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sosialisasi Literasi Internasionalisasi di Pondok Pesantren Internasional melalui program Pengabdian kepada Masyarakat

Sosialisasi Literasi Internasionalisasi di Pondok Pesantren Internasional melalui program Pengabdian kepada Masyarakat

Sosialisasi Literasi Internasionalisasi di Pondok Pesantren Internasional melalui program Pengabdian kepada Masyarakat


ditulis kembali Eko Prasetyo (Alexa Infoterkini.com) foto : istimewa.

Surakarta – Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tentang internasionalisasi perguruan tinggi kepada peserta didik dari International Islamic Boarding School Sabilil Muttaqien Magetan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Dr. Leni Winarni, S.IP., M.Si ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi literasi sekaligus menjadi sarana untuk para pelajar terutama peserta didik di IIBS Sabilil Muttaqien Magetan dalam meraih eksposur internasionalisasi perguruan tinggi, Nopember 2022. 

Sekolah Menengah Atas serta Pondok pesantren memang diketahui seringkali memiliki sumber daya yang kurang maksimal dalam menyiapkan santrinya dalam memasuki lingkungan perguruan tinggi bahkan yang bertaraf internasional sekalipun. Oleh karena itu penting untuk diadakan gerakan literasi yang mampu untuk mendorong pemahaman tentang internasionalisasi perguruan tinggi terutama pada beberapa institusi pendidikan yang sudah bertaraf internasional.  


Sosialisasi dengan tema “Gerakan Literasi tentang Internasionalisasi Perguruan Tinggi di Lingkungan Pesantren Internasional” dilaksanakan di aula Sekolah IIBS Sabilil Muttaqien Magetan. Acara ini dibuka dengan kata sambutan dari tuan rumah, Immas Metika Alfa Lutfiananda, S.Pd., M.Pd. yang menjabat sebagai Wakil Kepada Sekolah. Selanjutnya dari pihak UNS diwakilkan oleh Arofah Minasari, S.S., M.A sekaligus perwakilan dari Tim pengabdian Research Group Kajian Keamanan, Konflik, dan Perdamaian, FISIP UNS. Sedangkan pemaparan materi pertama disampaikan oleh Danisa Eka, Mahasiswi HI UNS, yang memaparkan tentang persiapan pra studi lanjut di perguruan tinggi serta pengenalan jalur-jalur masuk ke perguruan tinggi dan juga tidak lupa tentang ketersediaan beasiswa di tingkat perguruan tinggi. Kegiatan ini juga mendapat kesempatan untuk mengikuti pemaparan langsung dari Haidar Shihabudin yang merupakan mahasiswa Necmettin Erbakan University, Konya-Turki sekaligus seorang penerima beasiswa TDV. 


Haidar menjelaskan informasi seputar TDV mulai dari background beasiswa TDV, kriteria bahkan hingga ke benefit benefit eksklusif yang didapatkan. TDV atau Turkiye Diyanet Vakfi sendiri merupakan beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Turki bagi siswa yang akan menjajaki jenjang S1. Acara ini diikuti oleh seluruh peserta didik tingkat akhir dengan penuh antusias untuk mendapatkan informasi seputar studi lanjut setelah SMA terutama yang berkelas internasional di negara-negara maju dunia. Banyak peserta didik yang secara aktif bertanya seputar informasi dan persiapan studi lanjut di perguruan tinggi. Selain itu, selama acara berlangsung pelajar juga diberi pengarahan, seminar serta workshop dan beberapa tips tambahan dalam mengikuti proses seleksi beasiswa untuk studi di perguruan tinggi, baik nasional ataupun internasional.


Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan hasil dari program Universitas Sebelas Maret dalam mendukung penyampaian informasi literasi hingga ke level masyarakat. Sosialisasi langsung ke level masyarakat di luar kampus penting untuk dilakukan dengan tujuan dari riset informasi akademis yang berpusat di kampus adalah untuk memajukan kehidupan bermasyarakat. Maka, kegiatan pengabdian kepada masyarakat semacam ini merupakan cara yang efektif dalam menyampaikan hasil informasi riset dan sosialisasi literasi dunia kampus untuk khalayak umum, khususnya di institusi pendidikan yang ada di Indonesia karena akan langsung tersampaikan ke masyarakat dan tidak terbatas kepada akademisi saja.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.