News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tim MBKM D-4 Kebidanan UNS Lakukan Pemberdayaan Kader Kesehatan melalui Cakram Gizi

Tim MBKM D-4 Kebidanan UNS Lakukan Pemberdayaan Kader Kesehatan melalui Cakram Gizi

 

Tim MBKM D-4 Kebidanan UNS Lakukan Pemberdayaan Kader Kesehatan melalui Cakram Gizi


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto :Istimewa

— Tim Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) D-4 Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan pemberdayaan kader kesehatan melalui cakram gizi. Proyek Kemanusiaan MBKM tersebut berlangsung sejak September 2022 hingga penghujung 2022 di Puskesmas Jaten II, Kabupaten Karanganyar.

Sepuluh mahasiswa D-4 Kebidanan yang dibimbing Dr. Revi Gama Hatta Novika terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah Annita Viesta Nirmala Dewi, Alvina Dewi Maharani, Alya Ayu Kharisma, Chusna Habiba, Alfia Husna, Aninditya Choirun Annisa, Gading Nasywaa, Dara Dinanti, Agustina Hidayatul, dan Nita Diah.

Lebih lanjut, Annita menjelaskan bahwa program tersebut diinisiasi karena angka balita dengan stunting di Puskesmas Jaten II sebanyak 73 balita pada tahun 2021 dan saat ini telah mengalami penurunan menjadi 24 anak. Selain itu, angka stunting di Indonesia juga masih tinggi, yaitu 24,4% yang menandakan bahwa masih berada di atas batas rekomendasi WHO, yaitu kurang dari 20%. Terlebih, target pemerintah pada tahun 2024. 

“Kami berharap para kader kesehatan dapat melakukan pengukuran parameter yang berhubungan dengan diagnosis stunting dengan tepat sehingga lebih mudah mendeteksi anak dengan stunting sehingga mendapat perbaikan gizi secara optimal,” imbuhnya. adalah jumlah stunting menurun menjadi 14%.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.