News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Fakultas MIPA UNS Menyelenggarakan Khataman Qur’an

Fakultas MIPA UNS Menyelenggarakan Khataman Qur’an

 Fakultas MIPA UNS Menyelenggarakan Khataman Qur’an


ditulis kembali oleh eko prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa

SOLO - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Khataman Qur’an pada hari Rabu (14/12/2022) bertempat di Masjid FMIPA UNS. Kegiatan khataman ini dalam rangka telah diselesaikannya kegiatan FMIPA Mengaji selama 30 putaran. Ini artinya masing-masing peserta telah menyelesaikan seluruh bacaan al Qur’an selama tiga puluh pekan. Perlu diketahui bahwa komunitas FMIPA Mengaji diawali dengan kajian pada tanggal 27 April 2022.

Setelah itu dibuatlah WA Group yang terdiri dari 30 orang dimana masing-masing peserta ditargetkan untuk bisa membaca 1 juz setiap pekannya. Group ini terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa baik Fakultas MIPA maupun diluar Fakultas MIPA. 


Dalam sambutannya ketua takmir masjid FMIPA, Dr. Siswanto mengatakan bahwa kegiatan khataman ini dalam rangka memberikan semangat dan kecintaan dalam mengkaji al Qur’an. Selain itu beliau juga berharap agar kegiatan ini bisa menambah rasa syukur kita karena masih diberi kesempatan untuk bisa hadir mengkaji al Qur’an. 

“Semoga dengan kegiatan khataman ini menambah rasa syukur kita atas nikmat al Qur’an dan semakin cinta dengan al Qur’an,” ujar Siswanto. 

Sebelum kegiatan khataman, diawali dengan tausyiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. (Dosen Prodi Biologi FMIPA UNS). Dalam tausyiyahnya beliau mengatakan bahwa kita harus punya rasa syukur dan cinta. Rasa syukur karena ditakdirkan menjadi umat Muhammad yang dikaruniai Kitab al Quran dan diyakini sebagai panutan sampai akhir zaman. 

Menurut Prof. Sugiyarto, dengan rasa syukur yang kita punyai, maka akan timbul rasa cinta. Cinta kepada Allah, cinta kepada Rasulullah dan cinta kepada al Qur’an. Maka jika dalam diri kita tidak mempunyai rasa cinta, kita akan menjadi umat yang kurang ajar. 


Ada yang menarik pada kegiatan khataman kali ini, yaitu seorang peserta yang sudah berusia lanjut, namun masih mempunyai semangat yang luar biasa. Beliau adalah Prof. Soeparmi, dosen Prodi Fisika yang sudah memasuki usia pensiun, namun masih aktif mengikuti FMIPA Mengaji setiap pekan. 

“Saya senang bisa berkumpul dengan teman-teman yang sholeh, yang senantiasa cinta kepada al Qur’an. Ini bisa menjadi bekal bagi saya untuk kehidupan yang akan datang,” ujar Prof. Soeparmi

Peserta Kegiatan khataman di tutup dengan do’a dan sholat dzuhur berjamaah.  



Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.