News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FMIPA UNS Terima Kunjungan FMIPA Unnes dalam Rangka Studi Banding PTNBH

FMIPA UNS Terima Kunjungan FMIPA Unnes dalam Rangka Studi Banding PTNBH

 FMIPA UNS Terima Kunjungan FMIPA Unnes dalam Rangka Studi Banding PTNBH


 ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa

SEMARANG - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terima kunjungan FMIPA Universitas Negeri Semarang (Unnes). Rombongan FMIPA Unnes berkunjung pada Senin (19/12/2022) lalu. Pimpinan fakultas menerima kunjungan tersebut di Ruang Sidang Senat Gedung A FMIPA UNS.

Dalam kesempatan ini, kunjungan FMIPA Unnes berkaitan dengan studi banding transisi Unnes. Unnes yang sebelumnya Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTNBLU) bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Sebagaimana disampaikan oleh Wakil Dekan II FMIPA Unnes, Dr. Dwi Yulianti, M.Si. bahwa mulai 20 Oktober 2022, Unnes resmi beralih status dari PTNBLU menjadi PTNBH. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 36 Tahun 2022.

“Universitas Negeri Semarang resmi beralih status dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 36 Tahun 2022,” ujar Dr. Dwi Yulianti, M.Si.

Dr. Dwi menambahkan, atas pergantian status tersebut Unnes perlu lebih banyak belajar dalam hal kelembagaan. Khususnya kepada FMIPA UNS yang mana UNS sendiri telah berstatus PTNBH.

“Untuk itu FMIPA Unnes perlu belajar kepada FMIPA UNS dalam hal pengelolaan kelembagaan terkait dengan perubahan status,” tambahnya.


Rombongan dari FMIPA Unnes membawa seperangkat tenaga kependidikan. Mereka terdiri dari pengelola laboratorium, pengarsipan, pengelola perpustakaan, bagian akademik dan kemahasiswaan, serta bagian non akademik, keuangan, dan kepegawaian. Para tenaga kependidikan tersebut diterima langsung oleh Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana M.Si., M.Sc., Ph.D., beserta jajarannya. 

Kunjungan FMIPA Unnes tersebut juga tidak lain karena UNS telah lebih dulu mengalami perubahan status perguruan tinggi sebelum Unnes. Atas hal tersebut, FMIPA UNS dinilai telah bergerak lebih jauh dalam transformasi di ranah fakultas mengikuti ketentuan PTNBH. Sehingga menjadikan FMIPA Unnes merasa perlu untuk berkunjung dan belajar ke FMIPA UNS.

Acara diawali dengan penyampaian profil FMIPA UNS oleh Harjana. Usai penyampaian profil, acara dilanjutkan dengan diskusi dari masing-masing bagian. Diskusi berlangsung di Ruang Sidang Senat Gedung A FMIPA UNS maupun berkunjung ke masing-masing bagian. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.