News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS Sukses Gelar UNS Innovation Festival 2022

Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS Sukses Gelar UNS Innovation Festival 2022

 Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS Sukses Gelar UNS Innovation Festival 2022


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) , foto : istimewa

SOLO — Direktorat Inovasi dan Hilirisasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses menyelenggarakan UNS Innovation Festival pada Sabtu—Minggu (10—11/12/2022). Kegiatan ini merupakan perhelatan akbar akhir tahun pada bidang riset dan inovasi sivitas akademika UNS. Terdapat 30 tenant yang terdiri dari pra-startup dan startup yang telah diinkubasi melalui program Sebelas Maret Startup Academy (SEMESTA Bright) untuk mempresentasikan kreasi dan inovasi mereka kepada publik.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung UNS Tower Ki Hadjar Dewantara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo. Dalam sambutannya, Ia menjelaskan bahwa UNS melalui Direktorat Inovasi dan Hilirisasi berupaya untuk memfasilitasi pengembangan hasil riset dan inovasi, seni budaya serta kreasi inovatif sivitas akademika UNS melalui program pendanaan inovasi dan inkubasi startup.

“Selain meningkatkan percepatan inovasi, program ini diharapkan mampu mendorong komersialisasi hasil-hasil riset dan mempercepat laju lahirnya perusahaan-perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi,” tegas Prof. Kuncoro.


Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, seperti pitching session, talkshow, expo, business matching, startup summit, graduation day, dan panggung hiburan. 

Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan pameran hasil inovasi dari pra-startup dan startup pada expo, pitching session, dan business matching. Tenant terpilih akan mempresentasikan inovasinya serta berpotensi mendapatkan investasi dari lembaga pembiayaan. Selain itu, terdapat talkshow yang menghadirkan Ahmad Amirudin, Growth Strategist perusahaan Dinotis dan Edward Joesoef, CSO Konimex Group. 

Sementara itu, pada hari kedua dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah Doro Jatun Kuncoro, Business Development Manager RedDoorz, Aditya Pramudita, Business Manager Sekutu Company, dan Korniawan Prabowo, Senior UX Designer Evermos.

Startup Summit dan Penghargaan Startup

Startup Summit merupakan wadah dan peluang bagi pemilik bisnis untuk mendapatkan lebih banyak eksposur dari modal ventura dan tamu terkenal. Sepuluh pra-startup dan startup terpilih telah menyampaikan ide mereka di hadapan juri dan perusahaan ventura pada sesi ini. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada lima tenant terbaik hasil inkubasi SEMESTA Bright UNS. Kelima tenant terbaik ini adalah IoTanic, WIYATA Academy, DIMONITOR.ID, Comoditaz, dan accerly. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.