News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kolaborasi Tim Dosen UMS dan PDA Surakarta dalam Workshop dan Lomba Tahfidzul Qur’an

Kolaborasi Tim Dosen UMS dan PDA Surakarta dalam Workshop dan Lomba Tahfidzul Qur’an

Kolaborasi Tim Dosen UMS dan PDA Surakarta dalam Workshop dan Lomba Tahfidzul Qur’an


 ditulis kembali oleh eko prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa

SURAKARTA -Tim Dosen Uiversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Workshop dan Lomba Tahfidzul Qur’an 2022 berlokasi di Gedung Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Surakarta.

Kegiatan ini di ikuti oleh Kepala dan Guru TK 'Aisyiyah yang berjumlah 71 peserta dari 66 TK 'Aisyiyah Surakarta. Kegiatan ini dimulai 24 September hingga 5 November 2022.

Dr. Sri Slamet, M.Hum., M.Pd selaku Ketua Pengabdian menjelaskan bahwa workshop dan lomba bertujuan untuk mencintai dan menguatkan hafalan para Kepala dan Guru TK Aisyiyah Surakarta.

“Di sela-sela kesibukannya mengajar, mengikuti pelatihan, dan mengurus birokrasi keTKan, Kepala dan Guru TK dapat dengan mudah dan cepaat menghafal surat-surat pendek pada Al Qur’an Juz 30,” paparnya, Jumat (9/12).

 Sri Slamet menyampaikan, kegiatan workshop terdiri dari pemberian materi, tanya jawab, diskusi, dan praktek. Materi pertama berkenaan dengan keutamaan menghafal Al Qur’an yang disampaikan oleh Dr. Sri Slamet, M.Hum.,M.Pd. Materi ke dua terkait nutrisi makanan guna mendukung hafalan Al Qur’an oleh Muwakhidah, M.Kes (Epid), dan Metode Dzakira serta Metode Zahrawain oleh ustdz Muhammad Muslam, S.Pd.I al hafidz.

“Kegiatan Lomba Sambung Ayat merupakan bentuk evaluasi dari workshop. Kegiatan ini dibagi 2 kategori lomba, yakni kategori untuk Kepala dan Guru TK Aisyiyah, serta kategori untuk mahasiswa. Kategori pertama dimenangkan oleh  Risma Anggria (PAUD ABA Nurul Hidayah PK) sebagai juara 1 dan  Hariyah Indradati (TK Aisyiyah Karangasem) sebagai juara 2,” ungkap Sri, Ketua Pengabdian itu.

Sementara itu, untuk Kategori Mahasiswa PG PAUD UMS diraih oleh Aisyah Rahma Inayatullah (Juara 1), Nailil Muna (Juara 2), dan Shafa Oktavia Nafisah (Juara 3).

Tim Pengabdian ini, selain Dr., Sri Slamet, M.Hum., M.Pd, juga Dr. Junita Dwi Wardhani, S.E, Dr., Ambarwati, M.Kes (FKIP), Muwakhidah, M.Kes., (F.Kesehatan), Dr., Mahasri Shobahiyah, M.Pd.I (FAI), dan ustdz Muhammad Muslam, S.Pd.I (Master Trainer Metode Zahrawain Indonesia). Selain itu kesuksesan kegiatan melibatkan mahasiswa dari 3 Fakultas, yakni Hilyatul Millah, Aisyah Rahma I, Rellive Enka B, Annisa Dwi R, Ghaisani TA, Ummu Salamah TA (FKIP PG-PAUD), Salma Zhafirah Yasri (FEB Akuntansi) dan Rumaisha FA (F Kesehatan).

Kolaborasi sejumlah fakultas ini juga dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini juga dihadiri Ketua PDA Surakarta, Hj. Siti Maesaroh S.Ag., Ketua Majelis Dikdas, Hj.Hindun Zulaikha, dan ibu Sri Yanti, S.Pd (Ketua IGABA).

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.