News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Olahraga Boccia Mulai Dikembangkan Oleh Rumi Iqbal Doewes

Olahraga Boccia Mulai Dikembangkan Oleh Rumi Iqbal Doewes

Olahraga Boccia Mulai Dikembangkan Oleh Rumi Iqbal Doewes


Ditulis oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini), foto : Bahtiar.

Ditulis oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini), foto : Bahtiar.

SOLO - Boccia menurut Rumi Iqbal Doewes, pengajar olahraga Fakultas Keolahragaan  Universitas Sebelas Maret mengatakan merupakan olahraga baru yang mulai banyak dikenal dan  dikembangkan di Indonesia. "Pertama mulai muncul ketika even Internasional ketika Asia Paragames," ungkap  Rumi, dosen Olahraga UNS, Kamis (1/12). 

Setelah latihan terus menerus dan berjenjang serta didukung oleh Kemenpora, menurut Rumi, tahun 2019 memetik hasilnya. "Karena tahun 2019 ada kejuaraan dunia di Dubai, kita meraih juara 2 atau medali perak, Kebetulan saya mendampingi atlit itu dan meraih prestasi itu," ujarnya.



Menurut Rumi, karena Boccia merupakan cabang  baru makanya diusulkan sebanyak dua pelatih, semua dari Fakultas Keolahragaan, “Saya dan Dr. Islahuzzaman Nuryadin, M.Or Fakultas Keolahragaan UNS, dan kemarin meraih emas di Paragames.”ungkapnya.

Rumi mengatakan memiliki kecacatan dibandingkan cabang olahraga lain lebih parah dan olahraganya sederhana yakni melebar bola dan mendekati, “Siapa yang mendekati bola, itulah pemenangnya. Artinya memiliki keterbatasan dan sangat sederhana tetapi memiliki strategi permainan,” ujarnya.


Lebih lanjut Rumi, olahraga Boccia boccia dimainkan dengan bola-bola khusus hampir seukuran bola tenis yang beratnya 275 gram. Jumlah bola dalam permainan tersebut adalah 6 bola biru, 6 bola merah, dan ada pula satu bola putih. “Jadi nanti bola putih dilempar, kalau kita pakai bola biru berarti lawan pakai bola merah. Kita bermain dengan melemparkan bola yang harus mendekati bola putih, ” jelasnya

Menurut Rumi, permainan boccia dapat dimainkan secara beregu atau single. Namun, ”kebetulan ia dipilih sebagai pemain single untuk suatu pertandingan  ,Jadi boccia itu ada dua, ada single ada beregu, kebetulan saya dapat yang single,” ujarnya.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.