News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Prodi Statistika FMIPA UNS Melaunching SMartDatA, Layanan Untuk Mengatasi Masalah Data Analitik

Prodi Statistika FMIPA UNS Melaunching SMartDatA, Layanan Untuk Mengatasi Masalah Data Analitik

 Prodi Statistika FMIPA UNS Melaunching SMartDatA, Layanan Untuk Mengatasi Masalah Data Analitik


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : istimewa

SOLO - Kemunculan data besar (big data) merupakan faktor utama meningkatnya minat terhadap profesi di lingkup data science, seperti data scientist, data analyst, dan data engineer. Saat ini hampir seluruh perusahaan tengah memberikan perhatian lebih kepada data-data yang mereka miliki. Dengan memanfaatkan data melalui olahan dan analisisnya, perusahaan bisa mendapatkan informasi penting yang berguna bagi kemajuan bisnis perusahaan. Statistika dan data science menjadi fondasi dalam pengambilan keputusan, perencanaan bisnis, dan pengembangan sektor ekonomi, kesehatan, dan lainnya. 


Program Studi Statistika FMIPA UNS memiliki visi yang menjawab kebutuhan akan pentingnya analitika data dalam pengambilan keputusan dan perencanaan bisnis yang tepat. Untuk itu Program Studi Statistika  membentuk unit layanan Sebelas Maret Data Analytics Center (SMart DatA). 

Launching SMartDatA sendiri dilaksanakan pada hari Kamis (22/12/2022) bertempat di Ruang Aula Gedung C Fakultas MIPA UNS dihadiri oleh Dekan FMIPA dan Pimpinan Fakultas, Mahasiswa dan juga mitra diantaranya dari PT. Inamas Sintesis Teknologi (INASTEK), Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah, BPS Kabupaten Kota se Eks Karesidenan Surakarta, Diskominfo Kota Surakarta, Diskominfo Kabupaten Madiun, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukoharjo, Geofisika BMKG Yogyakarta, Taman Nasional Gunung Merbabu dan Solusi 247.


Smart data sudah sangat populer disamping big data. Smart data sendiri adalah bagian dari big data yang sudah disaring untuk siap digunakan oleh kalangan pengguna, baik akademisi maupun praktisi diantaranya dari kalangan industri. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dekan FMIPA UNS, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc.,Ph.D dalam sambutannya. Dekan juga berharap apa yang dilaunching pada hari ini bisa menjadi embrio pusat unggulan UNS khususnya Prodi Statistika.

“Kami berharap semoga SMartDatA bisa menjadi embrio pusat unggulan Universitas khususnya Prodi Statistika, karena bisa memberikan solusi tepat untuk menjawab permasalahan data analitik,” ujar Harjana.


Sementara itu, Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto, S.Si., DEA ketika menyampaikan sambutan saat melaunching SMartDatA berharap agar usaha, ide, dan inovasi bisnis konsultan terkait dengan smart data bisa sukses dan lancar serta gemilang di masa yang akan datang. 

SmartDatA sendiri memiliki konsultan handal yang dapat memberikan solusi tepat untuk menjawab permasalahan data analitik, mulai dari analisis deskriptif hingga preskriptif, sehingga diperoleh hasil yang baik dan akurat. SMartDatA juga menyediakan layanan pelatihan data science dan computer vision. 


Computer Vision merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan komputer untuk melihat dan mengenali objek yang ada di sekitarnya layaknya manusia. Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, Computer Vision menjadi salah satu teknologi baru yang dimanfaatkan untuk dikombinasikan dengan Data Science dengan bantuan Deep Learning. Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi alamat berikut, https://smartdata.uns.ac.id/

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.