News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor UMS Wisuda 1.641 Lulusan

Rektor UMS Wisuda 1.641 Lulusan

 Rektor UMS Wisuda 1.641 Lulusan


ditulis oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com), Foto : Eko Prasetyo & Istimewa

SURAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof Dr. Sofyan Anif, M.Si  mewisuda sebanyak 1.641 wisudawan-wisudawati yang terdiri Program Strata (S-1) 1.592 wisudawan dan Program Pasca sarjana (S-2) 112 wisudawan. "Dengan demikian hingga pewisudawan periode II Tahun Akademi 2022/2023 kali ini menurut data Biro Administrasi Akademik UMS telah meluluskan 145.089 wisudawan dari Program Diploma III  (D-III), Sarjana (S-1), Program Pascasarjana (S-2) dan Program Doktor (S-3)," ungkapnya, di Gedung Edutorium K.H. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (24/12)

Untuk pewisudaan periode II tahun Akademik 2022/2023 ini, menurut Prof Sofyan, wisudawan dan wisudawati yang lulus dengan predikat Cumlaude sebanyak 560 mahasiswa. Ke 560 mahasiswa lulusan Cumlaude terdiri dari 213 dari FKIP , Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 19 lulusan, Fakultas Hukum sebanyak 2 orang, lalu 84 lulusan Fakultas  Tehnik, Fakultas Geografi 29 orang, 28 lulusan Fakultas Psikologi, 59 lulusan Fakultas Agama Islam, 71 lulusan Fakultas Kesehatan, 7 lulusan Fakultas Kedokteran Gigi, 28 lulusan Fakultas Komunikasi dan Informasi dan 20 lulusan Fakultas Sekolah Pascasarjana.


 Pertama kalinya, karawitan hadir mengiringi dan meramaikan prosesi pewisudaan di UMS. Acara wisuda diiringi oleh alunan gamelan dari Peguyuban Karawitan Langen Laras Sworo PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS.

Pelatih dari paguyuban karawitan, Waluyo, M.Sn, menerangkan dalam lagu-lagu yang ditembangkan membawakan nilai-nilai luhur.

"Lagunya menceritakan banyak hal, ada yang tentang kebersamaan, gotong royong dalam Gugur Gunung, ada tentang kepahlawanan, ada tentang pendidikan anak soleh. Banyak nilai-nilai yang ditawarkan," jelas Waluyo.


Paguyuban ini telah ada sejak tahun 2010 dengan dilatih oleh Waluyo dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Sekretaris Prodi PGSD UMS Dr. Yulia Maftuhah Hidayati, M.Pd mengatakan bahwa karawitan menjadi salah satu bagian dari akademik dan non akademik di PGSD UMS.  

"Ada mata kuliah pilihan dan ada ekstrakurikuler kalau di PGSD, menjadi bagian dari akademik dan non akademik," kata Yulia. 


Paguyuban Langen Laras Sworo merupakan tim karawitan dari dosen dan mahasiswa. Karawitan PGSD  yang beranggotakan mahasiswa dan dosen FKIP UMS ini  beberapa kali mengikuti perlombaan dan  turut meramaikan acara-acara besar di UMS seperti seminar internasional.

Kegiatan karawitan seperti ini juga menarik minat para mahasiswa internasional untuk mempelajarinya. Pelatih karawitan UMS ini menyebutkan bahwa dia pernah melatih mahasiswa dari Vietnam, Thailand, Afrika, dan Mesir ketika melatih karawitan di UMS. 

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.