News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dorong Perlindungan Anak dan Remaja dari Ancaman di Dunia Siber, Fakultas Komunikasi & Bisnis Telkom University Gelar Kegiatan Pengembangan Literasi Digital

Dorong Perlindungan Anak dan Remaja dari Ancaman di Dunia Siber, Fakultas Komunikasi & Bisnis Telkom University Gelar Kegiatan Pengembangan Literasi Digital

 Dorong Perlindungan Anak dan Remaja dari Ancaman di Dunia Siber, Fakultas Komunikasi & Bisnis Telkom University Gelar Kegiatan Pengembangan Literasi Digital


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com), foto: Istimewa

Bandung, 13 Januari 2023 - Percepatan perkembangan teknologi digital hendaknya dibarengi dengan meningkatnya keterampilan literasi digital pada setiap pengguna teknologi, khususnya bagi kalangan anak-anak dan remaja. Menanggapi fenomena ini, tim dosen dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) Telkom University, menggelar kegiatan bertajuk Pengembangan Literasi Digital dan Kesadaran Keamanan Siber bagi Remaja pada Jumat, 13 Januari 2023 sebagai bentuk program Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas).

Bertempat di kantor RW 06 Gumuruh, kegiatan ini menyasar kelompok anak-anak dan remaja di wilayah Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Acara ini merupakan bentuk kerjasama dengan Karang Taruna 06 Gumuruh, dan menghadirkan empat orang narasumber dari dosen program studi (prodi) Ilmu Komunikasi dan Digital Public Relations, yang berkompeten di bidangnya, antara lain Nisa Nurmauliddiana Abdullah, M.I.Kom, Sarah D. Ekaputri, M.I.Kom, Haris Annisari Indah, M.I.Kom, dan Fiqie Lavani Melano, M.I.Kom.


“Literasi digital ini, kan, memang merupakan salah satu keterampilan yang termasuk dalam 21st Century Skill Set, yang memang sudah tidak ada tawar-menawar lagi, harus dimiliki oleh semua orang untuk bisa sukses di era digital. Kita ingin kelompok anak-anak dan remaja yang sedang aktif-aktifnya berselancar di dunia siber ini untuk bukan hanya sekadar pandai menggunakannya saja, tapi tahu cara yang bijak dalam menggunakan internet, terutama media sosial,” ungkap Nisa selaku dosen prodi Ilmu Komunikasi University sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan Abdimas ini.

Melalui kegiatan ini, anak-anak dan remaja diajak untuk lebih kritis dalam menggunakan media digital agar penggunaannya dapat memberikan manfaat, serta dapat menghindarkan mereka dari pelbagai risiko ancaman yang mungkin terjadi di internet. Ancaman tersebut diantaranya dapat berupa perundungan siber (cyberbullying), Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO), dan pengelabuan (phishing).


Menambahkan pernyataan Nisa, menurut Sarah, yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan ini, keterampilan literasi digital terdiri dari 4 komponen, yakni cakap, etis, aman, dan berbudaya dalam bermedia digital. Untuk itu, anak-anak dan remaja perlu diberikan kesadaran terkait etika dalam berinternet dan dibekali dengan tips agar tetap aman di internet demi terhindar dari ancaman-ancaman yang ada.

“Kita bekali anak-anak dan remaja dengan tips simple dan basic tapi sangat penting, demi menjaga keamanan mereka di dunia siber. Misalnya dengan tidak berbagi password media sosial dengan siapapun, tidak membeberkan data-data pribadi, kode OTP, dan sebagainya,” ujar Sari.


Walaupun digelar malam hari, namun peserta tampak tetap antusias karena kegiatan yang diadakan oleh para dosen dan mahasiswa FKB Telkom University ini dikemas dengan cara yang “fun” dengan games dan hadiah menarik untuk peserta yang aktif.

“Melihat antusiasme anak-anak, Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan menyasar lebih banyak kalangan anak-anak dan remaja di Bandung Raya,” tutup Fiqie.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.