News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perpisahan PMM2 UMS "Unity in Diversity"

Perpisahan PMM2 UMS "Unity in Diversity"

 

Perpisahan PMM2 UMS "Unity in Diversity"


 ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara penutupan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPM2) Bach 2, di gedung Auditorium Moh., Djasman Kampus 1, UMS.

Closing Ceremony yang dilaksanakan pada, Sabtu ( 28/1) malam itu mengambil tema "Unity ini Diversity" ini dihadiri oleh orang tua mahasiswa dan Pimpinan UMS.

Kabid Mobilitas & Hospilitas Mahasiswa Biro Kerjasama dan Urusan Internasional, Nur Amalia, S.S., M.Ed menjelaskan  kegiatan yang menggunakan Modul Nusantara dan ditawarkan dalam PMM2  ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebhinekaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan, yaitu pertukaran kebudayaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. 

"PMM2 ini menggunakan Modul Nusantara yang memiliki empat jenis kegiatan," jelas Nur Amalia,

Model Nusantara di bagi menjadi 4 jenis kegiatan, lanjut dia, yang meliputi 1. Kebhinekaan yaitu : Aktivitas eksplorasi keragaman budaya, agama, dan sejarah di kawasan perguruan tinggi. Kegiatan dalam komponen ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman mahasiswa peserta PMM 2 tentang kebhinekaan dalam bingkai kesatuan NKRI ; 2. Inspirasi , menggali inspirasi dari figur-figur inspirasi daerah. Komponen ini diharapkan dapat  menunjukkan bahwa kekayaan Indonesia juga berasal dari para tokoh yang beragam agama, suku, dan adat istiadatnya ; 3. Refleksi. Melakukan refleksi bersama melalui diskusi, talk show, dokumentasi, atau tulisan. Kegiatan ini diharapkan menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan kegiatan Modul Nusantara secara keseluruhan dan yang terakhir 4., Adalah Kontribusi Sosial yaitu Menginisiasi kegiatan sosial bagi masyarakat.

Wakil Rektor III Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D. menyampaikan bahwa UMS mengaprisiasi keseruan penampilan mulai dari tari tradisonal, fashion show pakain tradisonal.

Kegiatan PMM2 UMS ini diikuti oleh 22 mahasiswa yang berasal dari luar Jawa dari berbagai universitas seperti Universitas  Lambung Mangkurat; Universitas HKBP Nommensen; Universitas negeri Padang; Universitas Muhamadiyah Palopo; Universitas ABDI Pendidikan; Universitas Hasanudin. Kemudian, Universitas Muhamadiyah Aceh; Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara;  Universitas Udayana, Universitas Muhamadiyah Bengkulu dan Universitas Negeri Medan.

Alex Kurniadi S.Pd,  pendamping PPMM2 ini, mengatakan para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini  terdiri dari berbagai latar belakang agama suku dan budaya, selain itu selama 4 bulan di UMS terlaksana dengan baik dan aman.

Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.