News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peserta Magang Himprobsi FKIP UNS Gelar Webinar Dastera 4.0

Peserta Magang Himprobsi FKIP UNS Gelar Webinar Dastera 4.0

 

Peserta Magang Himprobsi FKIP UNS Gelar Webinar Dastera 4.0




ditulis kembali oleh eko prasetyo (alexainfoterkini.com), foto : istimewa

Mengawali Tahun 2023, Peserta Magang Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar. Adapun kegiatan webinar yang mengusung tema Dastera 4.0: Cerdas Berliterasi pada Era 4.0 diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (7/1/2023).

Dalam sambutannya, Ketua Himprobsi FKIP UNS, M. Furqon Al Maarif berharap acara webinar ini dapat memberikan manfaat melalui pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyiapkan kegiatan webinar dengan baik. Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar M. Furqon Al Maarif.

Dimoderatori oleh Fitria Almaratush Sholihah selaku Mahasiswa PBSI FKIP UNS, webinar ini menghadirkan dua pembicara yang keduanya merupakan alumni PBSI FKIP UNS. 

Pembicara pertama adalah Habib Safillah Akbariski, S.Pd., Ia merupakan Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 dan alumnus S1 PBSI FKIP UNS. Habib, S.Pd., memaparkan materi tentang Kewirausahaan Literasi: Pemanfaatan Bahasa dan Sastra dalam Industri Kreatif pada Era 4.0.

“Pemanfaatan bahasa dan sastra dalam industri kreatif di era 4.0 bisa dilakukan dengan membuat siniar atau podcast, siniar review buku di Spotify, apresiasi sastra dan berhumor, maupun komik,” ungkap Habib, S.Pd.

Sementara pembicara kedua adalah Dr. Tjahjono Widijanto, M.Pd., yang merupakan Sastrawan dan alumnus S3 PBSI FKIP UNS. Dr. Tjahjono Widijanto menyampaikan materi tentang Pertarungan Budaya dan Krisis Identitas Bahasa dan Sastra Indonesia di Era 4.0.

“Untuk mengatasi krisis identitas bahasa dan sastra Indonesia salah satunya bisa dengan menggalakkan kegiatan bersastra yang disertai spirit berbuat, spirit berkarya, spirit membaca, spirit menganalisa, spirit menulis, dan spirit berdiskusi,” pungkas Dr. Tjahjono Widijanto. 




Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.