News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rektor UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho Nyatakan Tahun 2022 Penuh Ujian danTantangan

Rektor UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho Nyatakan Tahun 2022 Penuh Ujian danTantangan

 Rektor UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho Nyatakan Tahun 2022  Penuh Ujian danTantangan



ditulis oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.com) foto : Istimewa

SOLO - Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Dr. Jamal Wiwoho mengatakan tidak terasa kita bersama telah meninggalkan tahun 2022 yang penuh dengan ujian dan tantangan yang sangat berat. "Namun demikian, kita pantas bersyukur karena dengan berbekal kekompakan, gotong royong, bahu. membahu yang dilandasi dengan semangat kebersamaan, akhirnya kerja kolektif kita bisa membuahkan hasil yang membanggakan. membahu yang dilandasi dengan semangat kebersamaan, akhirnya kerja kolektif kita bisa membuahkan hasil yang membanggakan," ungkap Prof Jamal pada  acara Silaturahmi Awal Tahun 2023 bertempat di Auditorium GPH Haryomataram,S.H. Univ. Sebelas Maret, Sabtu (2/1).

Sebagai makhluk ciptaan Allah yang jauh dari kata sempurna, kata Prof Jamal, kitapun menyadari bahwa berbagai problematika yang belum sepenuhnya berhasil diatasi di tahjun 2022, merupakan kewajiban kita bersama untuk menuntaskanya di tahun 2023. Pada hakekatnya, semua dinamika kehidupan yang kita jalani diatas bumi ini, sejatinya merupakan sebuah pembelajaran dan pendewasaan kita bersama. 

Rektor mengemukakan, pergantian tahun selalu saja ada doa, harapan dan resolusi agar tahun berikutnya bisa dijalani dengan penuh semangat dan kebaikan, serta mampu   menyempurnakan segala kekurangan yang ada. "Masa depan UNS memang sepenuhnya berada ditangan kita. Berbagai torehan prestasi UNS yang telah kita genggam sepanjang tahun 2022, masih harus kita perjuangkan kesuksesanya di tahun mendatang. Berbagai catatan perghargaan dan prestasi yang telah kita persembahkan untuk UNS di sepanjang tahun 2022, antara lain: Penghargaan keunggulan IKU Diktiristek yang diterima UNS atas prestasinya menduduki posisi tertinggi Top 10% di Liga PTNBH dan juara 1 untuk capaian IKU 7," kata Prof Jamal.

Pada pemeringkatan tingkat internasional, Prof Jamal mengatakan, sejak tahun 2019 s.d. 2022 posisi ranking UNS rata-rata berada di 10 besar dunia. Versi Webomatrics misalnya, posisi UNS naik berada di ranking 1.059 tingkat dunia, ranking 244 tingkat Asia dan ranking 6 di Indonesia. Versi Times Higher Education (THE) Asia Rankings, posisi UNS berada di ranking 401-500 dan ranking 8 di Indonesia. THE Impact Rankings menempatkan posisi UNS di ranking 301-400 dunia, dan ranking 8 di Indonesia. THE Young Best University, menobatkan UNS di ranking 401 dunia dan ranking 1 di Indonesia. QS World University Rankings, memposisikan UNS di ranking 1001-1200 dunia dan ranking 13 di Indonesia. Scimago Institutional Ranking, juga menempatkan UNS di ranking 638 dunia dan ranking 10 di Indonesia. Versi UniRank juga telah merilis posisi UNS di ranking 950 tingkat dunia, ranking 95 di Asia dan di Indonesia menduduki ranking 8. UI-Greenmatrics, juga telah mengumumkan UNS berada di ranking 43 dunia, dan ranking 7 di Indonesia.  Dan yang baru saja dirilis, pemeringkatan versi EduRank, telah menobatkan UNS berada di ranking 9 Nasional, 404 Asia dan 1.458 dunia. "Keberhasilan lain UNS dalam menjaga stabilitas capaian publikasi ilmiah di jurnal SINTA (Science and Technology Indeks), juga patut diapresiasi. Berdasarkan pengumuman dari Ditjen Dikti Kemdikbudristek, pada awal tahun 2022 yang lalu, kinerja publikasi ilmiah UNS berdasarkan penilaian jurnal terindeks SINTA, berhasil menduduki ranking 7 secara nasional," jelasnya.

Untuk meningkatkan kinerja publikasi UNS, Ditjen Diktiristek, menurut Prof Jamal, Kemdikbudristekdikti telah memberikan tambahan anggaran berupa insentif peningkatan artikel ilmiah bereputasi sebesar Rp. 2.792.801.208,-  (Dua milyar tujuh ratus sembilan puluh dua juta delapan ratus satu ribu dua ratus delapan rupiah). "Prestasi lain yang menggembirakan adalah capaian Akreditasi UNS, disampaikan bahwa Institusi UNS pada tanggal 11 Oktober 2022 telah memperoleh Akreditasi Unggul. Data akhir tahun 2022 tercatat bahwa Persentase (%) Akreditasi A/Unggul terhadap seluruhan Prodi UNS telah mencapai sebanyak 50,84 %. Akreditasi internasional seluruh prodi telah mencapai 15%, dan Akreditasi internasional terhadap seluruh prodi S1 dan Diploma telah mencapai 26,32%." ungkapnya.

Prestasi berikut, menurut Prof Jamal,  adalah keberhasilan capaian rata-rata predikat SAKIP UNS yang mengalami peningkatan dan masuk kategori A dengan nilai 82.30; Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan terbaik KEDUA juga diperoleh UNS dalam  kategori SPADA Award, sebagai perguruan tinggi dengan kontribusi Mata Kuliah Terbanyak Tahun 2022; UNS juga berhasil membawa pulang Piala Bronze Winner, Anugerah Kerjasama Diktiristek untuk Kategori Pertumbuhan IKU 6 Terbaik – Liga PTNBH.


Last but not least, menurut Rektor UNS,  prestasi yang dipersembahkan oleh para Punggawa Kehumasan UNS, juga patut diapresiasi, berkat prestasinya meraih anugerah kehumasan Diktiristek sebagai yang terbaik dalam kategori: siaran pers, memperoleh Gold Winner, serta Media sosial, majalah dan video profil meraih Silver Winner.


Pada kesempatan ini," ijinkan saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi disertai  ucapan selamat dan sukses atas keberhasilan Prof. Irwan Trinugroho,M.Sc.,PhD. menerima Anugerah Sumberdaya sebagai pemenang Academic Leaders Versi Diktiristek untuk kategori Dosen Bidang Sosial dan Humaniora," ungkap Rektor UNS.

"Semua prestasi yang telah diraih tersebut adalah potensi sekaligus modal penting yang dapat kita jadikan sebagai tradisi berprestasi UNS setiap tahunya," tandas Prof Jamal.

Rektor UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho mengemukakan, kurang lebih 3 bulan kedepan, "masa jabatan saya, dan segenap jajaran pimpinan dibawah Rektor akan segera berakhir. Oleh karena itu, saya ingin mengajak kepada seluruh rekan sejawat pimpinan UNS untuk tetap fokus menyelesaikan sisa pekerjaan yang harus dipertaruhkan dan dipertanggungjawabkan capaian kinerjanya kepada masyarakat," jelasnya.


Prof Jamal menandaskan , kita harus tunjukan, bahwa komitmen kebersamaan kita adalah tetap tegak lurus menjalankan misi pengembangan dan kemajuan UNS. “Tinggal glanggang colong playu” bukanlah type kepemimpinan kita. Wariskan semua kebaikan dan tanggalkan semua ketidakbaikan," tandasnya.

Pedoman kepemimpinan terbaik kita adalah, menurut Prof Jamal,  (1) rumangsa melu handarbeni (merasa ikut memiliki), (2) wajib melu hangrungkebi (wajib ikut membela dengan ikhlas), dan (3) mulat sarira hangrasa wani (mawas diri dan memiliki sifat berani untuk kebenaran). Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan hidayah disetiap langkah kebaikan kita bersama. "Slogan UNS BISA akan menjadi bekal kita, membangun rumah masa depan UNS sebagai pusat edukasi, riset dan inovasi, " ungkapnnya. 


Pada kesempatan ini pula, "sekali lagi saya ingin mengajak seluruh civitas akademika UNS, untuk menyatukan langkah, berjalan bersama-sama dan bergandengan tangan, seraya mengucapkan selamat tinggal dan terimakasih tahun 2022, untuk bahagia bersama yang mempesona, untuk kesedihan yang mendewasakan, untuk keberhasilan yang merendahkan hati, untuk kegagalan yang meninggikan kesabaran, dan untuk setiap momen yang istimewa kita lalui bersama," jelas Prof Jamal.


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.