News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FKIP UNS Gelar Sosialisasi Kebijakan Akademik dan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana Tahun 2023

FKIP UNS Gelar Sosialisasi Kebijakan Akademik dan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana Tahun 2023

 

FKIP UNS Gelar Sosialisasi Kebijakan Akademik dan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana Tahun 2023


ditulis kembali oleh Eko Prasetyo (Alexainfoterkini.Com) Foto :istimewa


SOLO -  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Sosialisasi Kebijakan Akademik dan Kuliah Umum Mahasiswa Pascasarjana Tahun 2023 pada Rabu (22/2/2023). Sosialisasi tersebut digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Sosialisasi diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Koordinator Bagian Tata Usaha FKIP UNS, Yunanto, S.T., M.Si. Kemudian, dibuka oleh Dekan FKIP UNS, Dr. Mardiyana, M.Si. yang diwakilkan oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FKIP UNS.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.  mengucapkan selamat bergabung kepada Mahasiswa Baru Pascasarjana FKIP UNS 2023. Ia berpesan agar para mahasiswa selalu berbasis pada ilmu pengetahuan, budaya literasi, dan data.

“Selamat bergabung dalam masyarakat ilmiah dan akademik FKIP UNS. Saudara masuk ke dalam Kampus Benteng Pancasila, Kampus Green Campus, dan Kampus Inklusif. Saudara merupakan suatu masyarakat ilmiah dan akademik, maka saudara harus selalu berbasis pada ilmu pengetahuan dan berbudaya literasi. Tentu juga, karena saudara sudah memasuki jenjang S-2 dan S-3, maka saudara harus selalu berbasis pada data sebagai suatu cermin seleksi fakta dan gambaran realita untuk menjawab permasalahan-permasalahan di dunia pendidikan,” ucap Prof. Slamet.


Usai penyampaian sambutan, sosialisasi dilanjutkan dengan pengenalan pimpinan fakultas, kepala program studi, dan staf administrasi prodi. Pengenalan tersebut disampaikan oleh Sub Koordinator Subbagian Non Akademik FKIP UNS, Luhur Sukamto, S.H. Sosialisasi dilanjutkan dengan penjelasan kebijakan akademik oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. dan penjelasan teknis layanan akademik dan PDDIKTI oleh Yosafat Christiantono, S.Kom.

Kemudian, sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan kuliah umum yang mengusung tema “Akselerasi Studi Tepat Waktu Berbasis Budaya Literasi, Riset, dan Data pada Mahasiswa Pascasarjana FKIP UNS Tahun 2023”. Dimoderatori oleh Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Logistik, kuliah umum tersebut menghadirkan seorang narasumber. Narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Drs. Maman Suryaman, M.Pd. yang merupakan Guru Besar Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam pemaparannya, ia memaparkan materi bertajuk “Akselerasi Studi Tepat Waktu Berbasis Budaya Literasi, Riset, dan Data”. Dalam materi tersebut, ia menjelaskan mengenai pola pendidikan 1.0, 2.0, 3.0, 4.0. dan 5.0. Ia juga menjelaskan mengenai wajah kegiatan ekonomi dunia saat ini, fenomena membaca anak muda Indonesia, kata kunci kemampuan kerja dan penguasaan pengetahuan, waktu perkuliahan mahasiswa pascasarjana, rancangan penugasan perkuliahan, hingga pembagian tugas mahasiswa pascasarjana.

“Pada level magister, tingkat penguasaan pengetahuannya adalah menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan tertentu serta kata kunci tingkat kemampuan kerjanya adalah mengembangkan Iptek melalui riset inter maupun multidisiplin, inovasi, dan teruji. Adapun pada level doktor, tingkat penguasaan pengetahuannya adalah menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu serta kata kunci tingkat kemampuan kerjanya adalah melakukan pendalaman dan perluasan iptek maupun riset,” jelas Prof. Maman.

Usai pemaparan materi, sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Mohammad Muchtarom, S.Ag., M.Si. dan diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama. 


Tags

Masukan Pesan

Silahkan masukan pesan melalui email kami.